Kompas.com - 30/09/2020, 14:40 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa sekolah harus bisa mengamalkan sila-sila dalam Pancasila. Seperti halnya pada sila keempat, siswa atau seseorang harus menjadi pribadi yang baik.

Bagaimana menjadi pribadi yang tidak memaksakan kehendak? Tentu caranya jika kita memiliki pendapat maka kita tidak boleh memaksa semua orang untuk mengikuti pendapat kita.

Sebab, hal itu tidak sesuai dengan nilai Pancasila. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita harus saling bertoleransi, tidak egois, dan saling menghargai antar-sesama sehingga akan tercipta kerukunan dalam bermasyarakat.

Baca juga: Siswa, Ini Contoh Penerapan Pancasila di Kehidupan Sehari-hari

Agar kehidupan di Indonesia ini damai, maka penting sekali siswa termasuk masyarakat luas mengamalkan sila keempat Pancasila.

Merangkum akun Instagram Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (29/9/2020), ini yang harus dilakukan.

Tidak memaksakan kehendak merupakan pengamalan Pancasila dari sila ke-4. Ini juga artinya:

1. Tidak egois

2. Toleransi

3. Menghargai pendapat orang lain

4. Hasil musyawarah mengutamakan kepentingan bersama

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.