Kompas.com - 25/08/2020, 13:00 WIB
Contoh penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SD atau SMP. Tangkapan layar Instagram Pusat Penguatan KarakterContoh penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa SD atau SMP.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SD atau SMP pasti sudah mempelajari Pancasila. Dari sila satu sampai sila lima harus menghafalnya dengan baik.

Tapi, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tidak hanya dihafal saja. Sebagai warga negara yang baik tentu harus mengamalkan semua sila yang ada di Pancasila.

Jadi, apakah siswa SD dan SMP sudah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari? Apakah sudah paham dengan semua silanya?

Baca juga: Apa Itu Pelajar Pancasila, Tujuan Sekolah Penggerak dari Nadiem Makarim

Melansir akun Instagram Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Senin (24/8/2020), berikut ini penjelasannya.

Kira-kira sikap seperti apa ya yang merupakan contoh penerapan Pancasila?

Contoh penerapan kelima sila di kehidupan sehari-hari:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Beribadah dan berdoa serta menghormati antar pemeluk agama lain. Itu merupakan pengamalan sila ke Satu.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Saling membantu dan tidak memilih dalam bergaul dan berteman adalah penerapan sila ke Dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X