Pentingnya Kolaborasi Inovasi Perguruan Tinggi dengan Industri

Kompas.com - 16/10/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi. shutterstock.comIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Saat ini 42,8 persen usulan inovasi berasal dari Tiongkok. Tentu hal itu berkorelasi dengan kemajuan ekonomi dan industri di Tiongkok.

Demikian diungkapkan Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria dalam webinar "How to Built Sustainable Collaboration Between University and Industry", Kamis (15/10/2020).

Adapun webinar digelar berkat kerjasama antara Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional ( Kemenristek/BRIN), Forum Rektor Indonesia, Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional, Hakteknas dan Universitas Bakrie.

Menurut Arif, Indonesia dalam konteks global innovation indeks juga masih kalah dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Baca juga: MoU Kemenristek dan Inotek, Dukung Wirausaha Berbasis Teknologi

"Ini tantangan. Untuk meraih yang tertinggi di ASEAN tiga hingga empat tahun ke depan, kita harus berani bermimpi besar dengan mewujudkan futures practice," ujar Prof. Arif seperti dikutip dari laman IPB University.

Pentingnya kolaborasi

Karena itu, adanya kolerasi antara inovasi serta industri dengan perekonomian di suatu negara menjadi penting.

"Agar inovasi Indonesia tumbuh subur, perlu dilakukan kolaborasi dengan industri," katanya.

Dijelaskan, strategi pengembangan inovasi dan kerjasama industri yang dapat dilakukan adalah:

1. Adanya sinergi program kerjasama penelitian dan pengembangan. Kerjasama itu dengan lembaga riset pemerintah, lembaga riset swasta, perguruan tinggi dan dunia usaha.

Sebagai contoh di Jepang dimana inovasinya bersinergi dengan industri dalam satu kawasan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X