5 Cara Mendampingi Anak di Dunia Maya bagi Orangtua

Kompas.com - 24/10/2020, 09:59 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain ponsel ShutterstockIlustrasi anak-anak bermain ponsel
|

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi menjadikan semua serba mudah. Bahkan semua bisa dilakukan hanya dengan ponsel pintar atau gawai yang terhubung dengan internet.

Di dunia maya, semua kemudahan diberikan. Tak terkecuali pada anak-anak, mereka juga sudah terbiasa dengan dunia maya atau internet.

Tapi, tahukah orang tua bahwa ada risiko dibalik kemudahan internet tersebut. Salah satunya ialah banyak pelaku kejahatan yang mengincar anak kecil.

Melansir laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Sabtu (24/10/2020), orang tua harus paham mengenai dunia maya dan cara mendampingi anak di dunia maya.

Baca juga: Anak Susah Belajar? Orangtua, Pahami Beberapa Hal Berikut Ini

Mulai memberi edukasi di rumah

Persiapan pertama yang harus dilakukan oleh Ayah dan Bunda adalah memahami jenis risiko kejahatan di dunia maya.

Dengan mengenali risiko, kita bisa mengetahui langkah tepat dalam menghadapinya. Apa saja risiko di dunia maya yang perlu diketahui orang tua?

1. Perundungan di dunia maya

Jenis perundungan di dunia maya (cyberbullying) ini biasanya terjadi pada aplikasi gim, media sosial, dan lain-lain.

Bentuknya bisa bermacam-macam, seperti mengancam, menakuti, mengolok, mempermalukan, dan lain-lain. Selain menjadi korban, anak bisa juga menjadi pelaku.

2. Kejahatan seksual/pornografi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X