Penutupan FIKSI 2020, Mendikbud: Siswa Tetap Kritis dan Kreatif di Tengah Pandemi

Kompas.com - 26/10/2020, 08:56 WIB
Penutup Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 melalui video virtual di Bandung, pada Jumat (23/10/2020).

DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUDPenutup Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020 melalui video virtual di Bandung, pada Jumat (23/10/2020).

KOMPAS.com - Pandemi turut memantik siswa menjadi lebih kristis dan kreatif. Ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa (FIKSI) 2020 menjadi ajang pembuktian hal ini. 

Meski di tengah situasi pandemi Covid-19, Mendikbud Nadiem Makarim memberikan apresiasi positif kepada para peserta FIKSI 2020 telah menghasilkan rencana bisnis dan rintisan usaha-usaha baru sangat luar biasa.

“Saya sungguh berbahagia dapat menyapa para calon wirausaha muda Indonesia. Kalian telah membuktikan diri meski dalam situasi pandemi bahwa dengan banyak tanya, banyak coba, banyak karya kita dapat menghasilkan banyak hal-hal yang positif,” ujar Mendikbud Nadiem Anwar Makarim saat menutup FIKSI 2020 melalui video virtual di Bandung, pada Jumat (23/10/2020).

Melalui festival ini, kata Mendikbud, pandemi COVID-19 telah mendorong peserta didik untuk lebih bergotong royong, lebih berpikir kritis dan kreatif.

“Karakter itulah yang harus dimiliki oleh wirausahawan masa depan karena situasi yang sulit dan tidak menentu ini justru menjadi peluang menciptakan beragam solusi. Belajar dan teruslah belajar menciptakan wirausahawan yang berdampak luas dan berkelanjutan,” ungkap Mendikbud.

Baca juga: Satu Tahun Jokowi-Maruf, Puspresnas: Menjaga Nyala Semangat Prestasi Siswa

Apreasiasi untuk peserta

Apresiasi kepada para siswa juga datang dari anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Kadafi. Ia melihat potensi besar siswa peserta FIKSI 2020 yang telah mampu menangkap sektor-sektor usaha yang akan berkembang di Indonesia.

Kepada calon wirausahawan muda, Kadafi memberi pesan bahwa untuk menjadi pengusaha selain cerdas secara hardskill, tapi harus cerdas juga secara softkill.

“Jangan pernah takut untuk memulai. Ayo semangat terus , fight. Kalian pasti bisa menjadi yang terbaik dan akan menjadi seroang enterpreneur yang baik di masa yang akan datang,” ujar Kadafi.

Pada FIKSI 2020, berbagai karya inovasi dan bisnis telah tunjukkan dengan cemerlang oleh 258 finalis dengan 129 karya/rencana bisnis.

Mereka adalah para finalis dari 1.665 siswa dengan 982 rencana bisnis yang mendaftar. Para peserta diuji secara langsung melalui dalam jaringan (daring) oleh 20 juri yang berasal dari para profesional dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X