5 Tips Agar Anak Tak Bosan Belajar di Rumah

Kompas.com - 27/10/2020, 13:59 WIB
ilustrasi anak belajar shutterstockilustrasi anak belajar
|

KOMPAS.com - Bagi para siswa yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) pasti pernah merasakan bosan. Karena kini tidak lagi bisa ke sekolah dan bertemu dengan teman di sekolah.

Anak pasti akan mudah bosan belajar di rumah setiap hari. Untuk itu, orang tua yang memiliki anak usia dini atau SD harus punya cara agar anak tidak bosan belajar dari rumah.

Namun bagi orang tua yang terbiasa mendampingi anak belajar, hal tersebut tidak terlalu sulit dihadapi. Akan tetapi, bagi yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat mendampingi mereka tentu akan ada pengalaman baru yang mendebarkan.

Muncul kekhawatiran bahwa nanti anak tidak konsentrasi dalam belajar atau merasa bosan belajar bersama di rumah.

Baca juga: Begini Gaya Pengasuhan Anak Saat Pandemi dari Akademisi IPB

Agar anak tidak merasa bosan belajar di rumah selama pandemi Covid-19, cara berikut mungkin dapat menjadi pilihan untuk dicoba. Melansir laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Senin (12/10/2020), berikut ini 5 tipsnya.

1. Buat dan patuhi jadwal belajar

Ajak anak Anda untuk mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan untuk meningkatkan kedisiplinan dan membentuk kebiasaan baik.

Tapi, jangan memaksa jika ia terlihat lelah, sebab hal ini akan membuat anak kehilangan minat untuk belajar. Maka, istirahat sejenak untuk mengembalikan keceriaannya, kemudian ajak kembali melanjutkan aktivitas belajar yang tertunda.

2. Belajar di ruangan terbuka

Kebiasaan belajar di kamar tidur atau meja belajar dapat menyebabkan anak merasa bosan. Sebab mereka merasa berhadapan dengan hal yang sama berulang kali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X