3 Kegiatan Pengisi Liburan yang Dapat Mengajarkan Anak Kesabaran

Kompas.com - 30/10/2020, 16:13 WIB
Ilustrasi anak memasak, peralatan masak anak-anak. Dok. Shutterstock/3445128471Ilustrasi anak memasak, peralatan masak anak-anak.

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi membuat banyak hal kini bisa didapat dengan lebih cepat bahkan instan.

Mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang dapat melatih kesabaran agar bisa memahami pentingnya sebuah proses. Bahwa proses tak selamanya instan, kadang butuh waktu yang lebih lama.

Merangkum laman portal edukasi Sekolah.mu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Bing Nursery School dari Standford University terhadap anak usia 3 hingga 4 tahun, ditemukan bahwa anak yang lebih sabar ternyata cenderung tumbuh lebih cerdas.

Sehingga, mengajarkan kesabaran pada anak sedini mungkin sangat penting untuk masa depannya.

Baca juga: Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris?

Berikut pilihan kegiatan yang dapat melatih kesabaran anak:

1. Menanam tanaman

Menanam tanaman di rumah bisa menjadi pilihan selama liburan atau selama anak belajar dari rumah. Orangtua dapat mengajak anak untuk menanam buah, sayuran atau bunga yang disukainya.

Kegiatan ini dapat mengajarkan anak tentang apa itu proses, bahwa tumbuhan memerlukan proses dan perawatan agar bisa tumbuh dengan baik.

Anak juga bisa belajar tentang tanggung jawab dalam merawat tanaman tersebut, seperti menyiramnya setiap hari, hingga tanaman tumbuh dengan baik.

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

2. Mengajak anak membuat kue

Proses membuat kue harus melewati beberapa tahap. Mulai dari menyiapkan bahan, peralatan, mengolah bahan kue, memanggang kue, hingga menghias kue.

Selain belajar keterampilan memasak, proses ini mengajarkan anak kesabaran untuk melewati serangkaian tahap.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X