Cara Atasi Anak Kecanduan Internet

Kompas.com - 30/10/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain ponsel ShutterstockIlustrasi anak-anak bermain ponsel
|

KOMPAS.com - Gawai atau ponsel pintar saat ini sudah menjadi bagian yang terpisahkan bagi kehidupan manusia moderen. Tak terkecuali di Indonesia.

Namun, penggunaan gawai yang berlebihan tentu ada dampaknya pada kesehatan. Terlebih pada anak usia dini yang juga sudah dekat dengan dunia gawai.

Melansir laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Jumat (30/10/2020), WHO merekomendasikan bahwa anak usia dini perlu melakukan aktivitas fisik.

Karena aktivitas fisik ini mampu mengoptimalkan tumbuh-kembang mereka. Ditambah lagi anak usia dini juga serta memerlukan waktu beristirahat yang cukup.

Baca juga: 5 Tips Agar Anak Tak Bosan Belajar di Rumah

Penggunaan gawai perlu dibatasi

Oleh karena itu, aktivitas penggunaan gawai oleh anak usia dini perlu dibatasi. Dampak paparan gawai pada anak usia dini yang paling mengkhawatirkan adalah kesehatan mata mereka. Yang juga tak kalah mengkhawatirkan adalah dampak adiksi pada gawai.

Beberapa penelitian telah mengindikasikan beberapa pengaruh negatif pada kesehatan anak. Terutama bagi anak-anak yang secara berlebihan memandangi layar perangkat digital. Juga yang berinteraksi dengan perangkat digital tanpa pengawasan.

Karena ada beberapa dampak negatif dari gawai, maka anak usia dini harus bisa dibatasi ketika menggunakan gawai atau ponsel berinternet.

Dikatakan internet karena jaringan ini menghubungkan ponsel ke dunia maya. Hingga tak heran membuat anak kecanduan terlebih yang menampilkan konten video.

Terkait adanya kecanduan internet pada anak, dokter spesialis kejiwaan RSA UGM, dr. Shinta Retno Kusumawati, Sp.KJ., memberikan tips.

Tips atasi anak kecanduan internet

Ada beberapa cara agar anak tidak kecanduan internet yang dibagian dr Shinta, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X