Kompas.com - 07/11/2020, 16:17 WIB
Ilustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa sedang melakukan kerja magang dari rumah.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia hingga kini belum berakhir. Maka tak heran jika semua kegiatan masih dilakukan dari rumah.

Seperti halnya bagi mahasiswa, kuliah tetap dilaksanakan secara daring. Bahkan bagi mahasiswa yang baru masuk tentu belum merasakan dunia kuliah di kampus.

Namun bagi para mahasiswa, waktu terus berjalan. Maka semua harus dipersiapkan dengan baik. Terlebih di era revolusi industri 4.0 menuntut sumber daya manusia yang memiliki keterampilan baik hard skill maupun soft skill.

Sebagai mahasiswa perlu meningkatkan keterampilan untuk menyiapkan diri menjadi lulusan yang kompeten dan siap terjun ke dunia kerja.

Baca juga: 4 Alasan Penting Mahasiswa Perlu Asah Soft Skill Sejak Kuliah

Meski kuliah dari rumah, tetapi para mahasiswa tetap dapat meningkatkan keterampilan diri melalui kegiatan yang sangat dekat dengan keseharian.

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (6/11/2020), berikut ini cara meningkatkan keterampilan melalui kegiatan sehari-hari di rumah.

Apa itu keterampilan? Keterampilan adalah kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide dan kreativitas serta kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik.

Soft skill

Keterampilan yang berhubungan dengan orang lain dan diri sendiri. Umumnya ini keterampilan dasar atau bawaan yang dimiliki setiap individu dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu dan juga pengalaman.

Berikut ini kegiatan soft skill yang dapat dilakukan di rumah:

1. Manajemen waktu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X