Kompas.com - 08/11/2020, 17:29 WIB
Tangkapan layar Instagram Prof Jamal Wiwoho. DOK.Instagram Prof JamalTangkapan layar Instagram Prof Jamal Wiwoho.
|

KOMPAS.com - Saat ini, mutu perguruan tinggi di Indonesia belum merata. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh kampus-kampus di Indonesia.

Menurut Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Prof. Jamal Wiwoho, salah satu tantangannya ialah tingginya kriteria yang diterapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Dikatakan Prof. Jamal, ada tiga tantangan yang dihadapi perguruan tinggi di Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kondisi geografis berbeda

Tantangan pertama ialah kriteria yang diterapkan BAN PT dalam proses akreditasi menjadi tantangan bagi sejumlah perguruan tinggi. Sebab, setiap wilayah di Indonesia memiliki kondisi geografis yang berbeda-beda.

Baca juga: Ini 17 Anggota MWA PTN BH UNS, Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Ketua

Pada proses akreditasi, BAN PT menerapkan 9 kriteria, yaitu:

  1. Visi, misi, tujuan, dan strategi.
  2. Tata pamong, tata kelola, dan kerja sama.
  3. Mahasiswa
  4. Sumber daya manusia
  5. Keuangan, sarana, dan prasarana
  6. Pendidikan
  7. Penelitian
  8. Pengabdian kepada masyarakat
  9. luaran dan capaian Tridharma

"Kondisi geografis Indonesia ini berbeda-beda tapi standarnya sama," ujar Prof. Jamal yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

"Maka, kalau kita lihat persentase yang terakreditasi A saja sedikit, memang tidak mudah jika bicara soal mutu pendidikan tinggi karena standar yang diterapkan sulit," imbuh Prof. Jamal dikutip dari laman UNS, Minggu (8/11/2020).

Lebih jauh, Prof. Jamal menyatakan, jumlah perguruan tinggi yang terakreditasi A atau Unggul di seluruh wilayah Indonesia masih rendah.

Dari data terakhir milik BAN PT pada 2019, persentase perguruan tinggi terakreditasi A atau Unggul hanya 6 persen atau sebanyak 96 perguruan tinggi.

Perbedaan standar penjaminan mutu

Tantangan kedua ialah adanya permasalahan pada perbedaan standar penjaminan mutu di masing-masing kampus atau perguruan tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X