Kompas.com - 10/11/2020, 11:34 WIB
Memahami depresi dengan membaca buku Alasan untuk Tetap Hidup yang ditulis oleh Matt Haig dan diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

DOK. GPUMemahami depresi dengan membaca buku Alasan untuk Tetap Hidup yang ditulis oleh Matt Haig dan diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

Oleh : Nadira Yasmine | Editor Gramedia Pustaka Utama Non Fiksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, kata “depresi” dan “kesehatan mental” menjadi topik yang sering diperbincangkan. Faktanya, bulan lalu, tepatnya pada 10 Oktober, dikenal sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia, karena itulah banyak yang membicarakan kedua hal tersebut.

Depresi sendiri tidak bisa dipisahkan dari kesehatan mental. Lantas, apa itu depresi?

Saya mencoba memahami depresi dengan membaca buku yang ditulis oleh Matt Haig dengan judul "Alasan untuk Tetap Hidup".

Menurut Matt Haig, “depresi itu misterius, bahkan bagi penderitanya. Depresi tampak berbeda bagi setiap orang.”

Depresi begitu kompleks tetapi sangat nyata, meskipun tak kasatmata. Itulah mengapa muncul banyak stigma yang ditujukan bagi orang dengan depresi, seolah-olah mereka tidak waras, aneh.

Mengurangi stigma tersebut adalah salah satu alasan Matt menulis buku ini, selain juga untuk meyakinkan penderitanya bahwa ada cahaya di ujung terowongan, bahwa depresi bisa disembuhkan.

Baca juga: Menjalani Hidup Antigalau di Usia 20-an

"Alasan untuk Tetap Hidup" adalah perjalanan hidup Matt dari lembah kelam depresi menuju cahaya. Ya, Matt adalah penyintas depresi dan gangguan kecemasan.

Ia bahkan hampir mengakhiri hidupnya dengan melompat dari tebing. Namun, ia mengurungkan niatnya itu karena menemukan berbagai alasan untuk tetap hidup.

Di buku ini, selain menceritakan kisah hidupnya melawan depresi dan gangguan kecemasan, Matt juga membuat daftar tentang alasan untuk tetap hidup, gejala orang dengan depresi, serta apa yang harus dilakukan seorang caregiver.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X