Menjalani Hidup Antigalau di Usia 20-an

Kompas.com - 16/10/2020, 09:26 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

Oleh: Niken Rachmadi | Editor Non-Fiksi Penerbit Gramedia Pustaka Utama

KOMPAS.com - Memasuki usia 20-an tahun, banyak di antara kita yang masih belum tahu apa dan bagaimana hidup sebagai orang dewasa harus dijalani.

Pada akhirnya, kita mengikuti “arus” dan menjalani kehidupan sebagaimana orang lain, kuliah, kerja, berumah tangga, cukup hidup bahagia dengan keluarga dan anak yang manis. Tapi di masa kini, tampaknya hidup tidak sesederhana itu.

Era internet dan sosial media mengubah segalanya.

Semua orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, membuktikan eksistensi diri agar dianggap sebagai seorang dewasa yang berhasil dan menjadi panutan. Lalu, apakah itu semua salah?

Juhyung Kim dalam bukunya, "Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an" menyatakan, sangat baik jika orang dewasa muda di usia 20-an sudah memiliki tujuan hidup yang pasti.

Namun, tidak ada salahnya jika belum ada tujuan hidup yang ingin dicapai.

Dengan begitu, kita bisa menggunakan waktu untuk melakukan berbagai hal yang bisa membantu kita menemukan tujuan hidup.

Baca juga: Bumi yang Tak Dapat Dihuni, Kisah tentang Masa Depan

Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an karya Juhyung, diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. DOK. GPU Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an karya Juhyung, diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

Kim mengajak kita merancang hidup sedari muda dan menanamkan berbagai kebiasaan baik yang akan membantu kita membentuk karakter diri sehingga masa muda tidak terbuang sia-sia.

Ditulis dari sudut pandang seorang senior, Kim memberi berbagai contoh dari kisah nyata yang dialaminya sendiri maupun orang-orang di sekelilingnya.

Banyak kebiasaan baik yang tampak umum dilakukan, seperti rutin berolahraga, menghindari rokok, hingga kebiasaan unik seperti membiasakan diri menulis wasiat.

Masa muda akan berlalu dalam sekejap mata, kelak kita dapat mengenangnya sebagai masa yang indah, atau sebaliknya, tergantung bagaimana kita menjalaninya.

Dengan kata lain, masa muda akan sangat menentukan hidup kita. Hidup Antigalau hadir sebagai peta yang akan membantu kita mengarahkan jalan menuju kehidupan yang kita inginkan.

Informasi dan pembelian buku "Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an" dapat dilihat melalui:  https://www.gramedia.com/products/hidup-antigalau-menata-karier-dan-masa-depan-bagi-umur-20-an



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X