Berikut 7 Tahap Mengelola Emosi Anak Usia Dini

Kompas.com - 11/11/2020, 14:26 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak yang mampu untuk mengelola dan mengendalikan emosinya dengan baik nantinya memiliki kecerdasan akademik.

Tak hanya itu, mereka juga dapat mengendalikan kecerdasan emosi dan psikososial yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak memiliki keterampilan mengendalikan emosinya.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah pengelolaan emosi yang diajarkan sejak dini dapat memupuk tumbuhnya sikap toleransi, welas asih, dan empati yang baik pada anak.

Sikap-sikap inilah yang akan mendorong anak untuk dapat tumbuh menjadi pribadi yang positif dan tidak mudah terlibat dalam berbagai permasalahan sosial.

Baca juga: 6 Cara Kelola Emosi pada Pengasuhan Anak Usia Dini

Anak-anak yang mampu mengelola perasaannya dengan baik akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang mampu bertahan di kondisi tertekan maupun ketika mengalami situasi yang tidak menyenangkan.

Bagi orang tua, berikut ini tahapan dalam mengajarkan dan melatih anak usia dini dalam mengelola emosi yang dilansir dari laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Rabu (11/11/2020).

Tahap 1

Membantu anak dalam mengenali dan menerima emosi yang sedang dirasakan.

Tahap 2

Membantu anak dalam mengungkapkan emosi yang dirasakan dengan baik dan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X