Kompas.com - 13/11/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Dalam menghadapi tantangan dan memenangkan kompetisi dunia kerja, terdapat dua keterampilan (skills) yang harus dimiliki lulusan perguruan tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh dua alumni IPB University yakni Achmad Kusna Permana sebagai Presiden Direktur PT Muamalat Indonesia dan Dwi Asmono sebagai Direktur PT Sampoerna Agro.

Dalam paparannya, Achmad menjelaskan dalam menghadapi tantangan dan memenangkan kompetisi dunia kerja, paling tidak terdapat dua skills yang harus dimiliki lulusan perguruan tinggi.

Baca juga: 7 Bidang Ilmu Universitas Brawijaya Masuk Peringkat Dunia THE WUR 2021

Skills tersebut adalah “smart skills” dan “sharp skills”. Konsep tersebut ia kembangkan setelah mengamati berbagai individu di sekitarnya yang berhasil mencapai posisi dan jabatan tinggi dalam pekerjaan.

"Smart skills terdiri dari adaptability, social skills, dan positive attitude," paparnya dalam kegiatan Alumni Insight yang diselenggarakan oleh Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menerangkan, di manapun institusi yang dimasuki tidak akan langsung ideal seperti yang diharapkan, maka mahasiswa atau lulusan harus memiliki adaptability karena harus beradaptasi.

Lalu, social skills berarti lulusan harus mampu membangun social networking.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2021

"Social networking ini adalah kunci yang akan membawa kita ke tangga yang lebih tinggi," kata Achmad.

Sementara, positive attitude memiliki arti apapun permasalahan yang dihadapi, harus terus mencari sisi positif dan berusaha mengambil kesempatan.

Adapun sharp skill, lanjut dia, terdiri dari digital literacy, technical skills serta analytical reasoning.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X