5 Cara Agar Anak Menyukai Pelajaran IPA

Kompas.com - 14/11/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi anak di laboratorium belajar IPA. SHUTTERSTOCK/MAMA BELLE AND THE KIDSIlustrasi anak di laboratorium belajar IPA.

KOMPAS.com – Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) atau sains bisa jadi hal yang biasa bagi anak bila orangtua mengenalkan sains sejak kecil melalui cara-cara menyenangkan, tak melulu lewat buku pelajaran.

Pakar berpendapat, mengenalkan sains justru bukan dalam bentuk mengerjakan rumus-rumus dan berhitung. Melainkan mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan minatnya terhadap pelajaran sains, seperti kimia, fisika dan biologi.

Sebuah survei yang melibatkan siswa sekolah dasar di AS mendapati, pelajaran sains di sekolah dasar rata-rata hanya dipraktikkan sekitar dua jam selama satu minggu. Bahkan, di sejumlah daerah yang lebih kecil, pelajaran sains tidak cukup dipraktikkan bahkan hingga anak-anak beranjak ke sekolah menengah.

Baca juga: Berapa Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris?

“Fokus pada pelajaran matematika dan membaca di tingkat sekolah dasar telah membuat pelajaran biologi, kimia, dan fisika hanya sedikit dikenali,” kata Jenice Earle dari National Science Foundation di Amerika Serikat, seperti dilansir dari situs Parents.

Earle berpendapat, bahkan ketika mata pelajaran tersebut diajarkan, guru cenderung mengajarkannya sebagai formalitas dan kurang memiliki kemampuan untuk melakukan eksperimen bersama anak-anak.

Padahal, sains sangat butuh eksperimen untuk memicu minat anak sejak dini. Tak heran, bila di AS saja, kini hanya sepertiga siswa yang duduk di kelas 4 SD yang memiliki pemahaman kuat tentang prinsip-prinsip ilmiah.

Untuk itu, National Science Foundation menyerukan orangtua untuk meningkatkan minat anak terhadap mata pelajaran sains bila ingin anak tertarik dan menguasai mata pelajaran biologi, kimia, dan fisika.

Baca juga: Beasiswa Belajar Data Science dari DQLab UMN, Terbuka untuk Umum

Berikut sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan orangtua untuk menumbuhkan minat anak untuk belajar IPA.

1. Permainan sains di rumah

Menurut organisasi berita independen yang bergerak dalam bidang pendidikan AS Education Week, tiga dari empat pemenang hadiah Nobel dalam bidang sains menemukan gairah terhadap sains di luar kelas, salah satunya di rumah.

“Sederhananya orang tua bisa menanyakan tentang mengapa cahaya bisa memantul di air, lalu luangkan waktu bersama anak untuk mempelajarinya,” saran Traci Wierman, penasihat untuk bidang kurikulum di The Lawrence Hall of Science, University of California, Berkeley.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X