Haikyu!!, Pengalaman Seru Bermain Voli di Tingkat SMA

Kompas.com - 15/11/2020, 13:24 WIB
Komik Haikyu!! diterbitkan Penerbit M&C! Gramedia DOK. M&C GRAMEDIAKomik Haikyu!! diterbitkan Penerbit M&C! Gramedia

Oleh: Redaksi M&C!

KOMPAS.com - Saat masih sekolah, voli adalah olahraga yang paling penulis benci. Bolanya keras, saat dipukul pun hanya membuat tangan sakit sementara bola tersebut bahkan tidak melambung ke area lawan.

Permainan voli di jam pelajaran Pendidikan Jasmani biasanya berupa dua tim yang saling melempar servis, tanpa ada satu pun yang mampu menerima bola dan meneruskan permainan dengan mulus. Sangat membosankan.

Bertahun-tahun kemudian sejak penulis lulus sekolah, munculah sebuah komik olahraga yang menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar komik Jepang. Ternyata komik tersebut tentang olahraga voli, berjudul “Haikyu!!”.

Penulis langsung merasa penasaran, karena sudah keburu punya kesan bahwa voli itu olahraga yang sulit dan membosankan, bagaimana bisa sebuah komik tentang voli mendulang kepopuleran yang luar biasa di antara penggemar?

Baca juga: Ada PNS Muda dan Tampan di My Pre-Wedding Annisa

Komik dunia voli

Haiky? dalam bahasa Jepang berarti voli. Komik “Haikyu!!” menceritakan perjalanan Shoyo Hinata, seorang remaja laki-laki yang sangat ingin bermain voli sejak kecil karena tak sengaja melihat sebuah pertandingan tingkat SMA di televisi.

Ia terpukau oleh seorang pemain yang dijuluki Raksasa Kecil, karena mampu melompat sangat tinggi meski berbadan kecil seperti Hinata. Sayangnya, ketika masuk SMP, sekolah Hinata tidak punya ekskul voli.

Meski begitu, Hinata tetap berusaha latihan dengan sumber daya seadanya, hingga ia mampu membentuk sebuah tim kecil saat naik ke kelas 3 SMP.

Akan tetapi, di pertandingan pertama saat turnamen tingkat SMP, tim Hinata kalah telak oleh tim sekolah yang dijagokan akan menjuarai turnamen. Di tim sekolah tersebut ada Tobio Kageyama, seorang setter jenius.

Kageyama frustasi saat melihat Hinata yang refleksnya luar biasa cepat, bisa melompat tinggi, tapi tekniknya sangat payah. Ia bertanya dengan marah, apa saja yang Hinata lakukan selama tiga tahun di SMP sampai bisa sepayah itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X