Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haikyu!!, Pengalaman Seru Bermain Voli di Tingkat SMA

Kompas.com - 15/11/2020, 13:24 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Oleh: Redaksi M&C!

KOMPAS.com - Saat masih sekolah, voli adalah olahraga yang paling penulis benci. Bolanya keras, saat dipukul pun hanya membuat tangan sakit sementara bola tersebut bahkan tidak melambung ke area lawan.

Permainan voli di jam pelajaran Pendidikan Jasmani biasanya berupa dua tim yang saling melempar servis, tanpa ada satu pun yang mampu menerima bola dan meneruskan permainan dengan mulus. Sangat membosankan.

Bertahun-tahun kemudian sejak penulis lulus sekolah, munculah sebuah komik olahraga yang menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar komik Jepang. Ternyata komik tersebut tentang olahraga voli, berjudul “Haikyu!!”.

Penulis langsung merasa penasaran, karena sudah keburu punya kesan bahwa voli itu olahraga yang sulit dan membosankan, bagaimana bisa sebuah komik tentang voli mendulang kepopuleran yang luar biasa di antara penggemar?

Baca juga: Ada PNS Muda dan Tampan di My Pre-Wedding Annisa

Komik dunia voli

Haiky? dalam bahasa Jepang berarti voli. Komik “Haikyu!!” menceritakan perjalanan Shoyo Hinata, seorang remaja laki-laki yang sangat ingin bermain voli sejak kecil karena tak sengaja melihat sebuah pertandingan tingkat SMA di televisi.

Ia terpukau oleh seorang pemain yang dijuluki Raksasa Kecil, karena mampu melompat sangat tinggi meski berbadan kecil seperti Hinata. Sayangnya, ketika masuk SMP, sekolah Hinata tidak punya ekskul voli.

Meski begitu, Hinata tetap berusaha latihan dengan sumber daya seadanya, hingga ia mampu membentuk sebuah tim kecil saat naik ke kelas 3 SMP.

Akan tetapi, di pertandingan pertama saat turnamen tingkat SMP, tim Hinata kalah telak oleh tim sekolah yang dijagokan akan menjuarai turnamen. Di tim sekolah tersebut ada Tobio Kageyama, seorang setter jenius.

Kageyama frustasi saat melihat Hinata yang refleksnya luar biasa cepat, bisa melompat tinggi, tapi tekniknya sangat payah. Ia bertanya dengan marah, apa saja yang Hinata lakukan selama tiga tahun di SMP sampai bisa sepayah itu.

Tentu saja ini menyulut kemarahan Hinata. Di hari itu, Hinata mendeklarasikan bahwa suatu saat ia akan mengalahkan Kageyama.

Setelah itu, Hinata masuk ke SMA Karasuno, sekolah asal Raksasa Kecil yang dulu ia lihat di televisi. Meski tim voli Karasuno pernah ditakuti di turnamen, saat ini mereka dijuluki “Gagak yang Tidak Bisa Terbang” (karasu dalam bahasa Jepang berarti gagak) karena timnya lemah.

Akan tetapi, di hari pertama latihan, Hinata menemukan fakta bahwa Kageyama juga masuk Karasuno!

Secara garis besar, “Haikyu!!” banyak membahas voli dari sudut pandang Hinata, seorang pemula berbadan pendek yang punya refleks cepat, tapi masih harus banyak belajar teknik dasar voli agar bisa menjadi pemain kuat.

Supaya tim Karasuno bisa menembus turnamen nasional, Hinata harus bekerja sama dengan Kageyama untuk melakukan serangan super cepat yang akan menjadi salah satu senjata utama Karasuno.

Menarik minat olah raga voli

Jika membahas komik olahraga dari Jepang, mungkin kita akan membayangkan adanya jurus atau teknik bombastis yang mustahil dilakukan di dunia nyata.

Baca juga: Journal of Terror, Bukan Sekadar Kumpulan Cerita Seram

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com