Kompas.com - 15/11/2020, 14:35 WIB
|

KOMPAS.com - Pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh yang diikuti siswa masih banyak kendala. Tak hanya jaringan internet, tetapi pendampingan dari orang tua juga sangat berpengaruh.

Dari hasil survei Tanoto Foundation terkait Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada 332 kepala sekolah, 1.368 guru, 2.218 siswa, dan 1.712 orang tua, berikut ini ditemukan tiga masalah utama.

Tentu masalah itu yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anaknya selama belajar dari rumah (BDR) dalam masa pandemi Covid-19.

1. Sebanyak 56 persen orang tua yang jadi responden mengaku kurang sabar dan jenuh menangani kemampuan dan konsentrasi anak yang duduk di bangku SD/MI dan 34 persen orang tua yang anaknya duduk di bangku SMP/MTs.

Baca juga: Bosan PJJ? Yuk Coba 22 Edugame Menarik dari Kemendikbud

2. Orang tua kesulitan menjelaskan materi pelajaran ke anak untuk SD/MI (19 persen) dan SMP/MTs (28 persen).

3. Orang tua kesulitan memahami materi pelajaran anak untuk SD/MI (15 persen) dan SMP/MTs (24 persen).

Terkait hasil survei itu, ahli parenting dari Wellness Counselling dan Education Center, Chyntia Pedjokerto memberikan respons.

Perlunya pengaturan jadwal belajar

Menurutnya, harus ada pengaturan ulang jadwal belajar anak di rumah untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

"Pengaturan jadwal ini sangat penting untuk menciptakan keseimbangan antara orang tua dan anak," ujar Chyntia pada webinar tentang 'Orang Tua Sahabat Anak Belajar' oleh Tanoto Foundation, seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, Jumat (13/11/2020).

Dikatakan Chyntia, dengan memiliki jadwal, orang tua bisa meminta dan menyepakati bersama sekolah untuk mendahulukan mana sistem pembelajaran yang harus diterapkan secara daring dan luring (luar jaringan atau tatap muka).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.