Mahasiswa, Kemendikbud Sebut 5 Cara Tingkatkan IPK Selama PJJ

Kompas.com - 17/11/2020, 11:18 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Sudah sekitar 8 bulan lamanya kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring guna memutus penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

Meski dilakukan dari rumah, perkuliahan daring tentu tak terlepas dari sejumlah kendala, mulai dari jaringan, semangat belajar yang mungkin berbeda hingga sulitnya menunjukkan keaktifan di dalam kelas.

Walau dengan suasana yang berbeda, Kemendikbud mengingatkan mahasiswa untuk terus meningkatkan IPK sebagai salah satu penunjang saat lulus nanti.

Baca juga: Mahasiswa, Kemendikbud Sebut 5 Keterampilan agar Jadi Lulusan Berkompeten

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti) Kemendikbud menyebut, IPK memang bukan segalanya, tetapi tidak ada salahnya jika mahasiswa ada kemauan untuk memiliki IPK yang tinggi.

"Nilai IPK yang tinggi bisa membantu dalam mendapatkan pekerjaan atau mendaftar beasiswa lho," tulis Ditjen Dikti.

Berikut lima tips meningkatkan IPK selama PJJ dilansir dari laman Instagram Ditjen Dikti Kemendikbud:

1. Aktif di kelas

Walaupun melalui daring, mahasiswa disarankan untuk fokus pada setiap materi yang diberikan dosen, termasuk aktif dalam menyampaikan pendapat.

Baca juga: Beasiswa Belajar Data Science dari DQLab UMN, Terbuka untuk Umum

Keaktifan di dalam kelas tak hanya membuat mahasiswa lebih mudah memahami materi, namun juga dikenal oleh dosen.

2. Media pembelajaran

Perangkat, aplikasi dan jaringan yang memadai dapat mendukung proses belajar. Pastikan aplikasi pembelajaran telah tersedia di laptop atau ponsel.

Bila mahasiswa mengalami kendala, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen untuk dicari solusi bersama. Dengan begitu, mahasiswa tetap bisa melakukan pembelajaran secara aktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X