12 Rekomendasi Bank Dunia untuk Pendidikan Indonesia

Kompas.com - 19/11/2020, 10:50 WIB
Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen memberikan kata sambutan dalam acara virtual bertajuk ?The Promise of Education in Indonesia? pada Rabu (18/11/2020) melalui aplikasi Zoom. DOK. WORLD BANK INDONESIAKepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen memberikan kata sambutan dalam acara virtual bertajuk ?The Promise of Education in Indonesia? pada Rabu (18/11/2020) melalui aplikasi Zoom.

KOMPAS.com – Tahun ini, Bank Dunia menerbitkan laporan yang berjudul “The Promise of Education in Indonesia" untuk memberikan 12 rekomendasi demi meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Melalui konferensi virtual lewat aplikasi Zoom, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengatakan bahwa Indonesia telah mencapai kemajuan yang pesat dalam bidang pendidikan selama 20 tahun terakhir.

Namun, Satu melihat bahwa sistem pendidikan di Indonesia belum mencapai seluruh potensinya.

Baca juga: Penjelasan Mendikbud Terkait 3 Aspek Asesmen Nasional Pengganti UN 2021

“Sumber daya manusia, akumulasi pengetahuan, keterampilan, kesehatan seseorang sepanjang hidupnya, sangat penting untuk kesuksesan Indonesia di masa depan,” lanjut Satu dalam laporan Bank Dunia yang diluncurkan pada Rabu (18/11/2020).

Selain itu, Indonesia juga masih mengalami tantangan dari segi waktu belajar anak-anak, ekonomi, kondisi fisik, hingga pandemi virus Covid-19.

12 rekomendasi Bank Dunia

Dalam laporan resmi Bank Dunia 2020, pemahaman mengenai seberapa banyak watu belajar yang dihabiskan anak-anak dan pemberian dukungan berdasarkan kebutuhan pelajar merupakan fokus dari rekomendasi utamanya.

Rekomendasi tersebut dapat menjadi cara yang lebih permanen untuk meningkatkan pengajaran,” tulis Satu.

Bukan hanya itu, laporan Bank Dunia 2020 memberikan 12 pilihan untuk pemerintah Indonesia memerkuat reformasi pendidikan dan meningkatkan hasil pembelajaran semua siswa Indonesia.

Perumusan dan pemberian rekomendasi dari Bank Dunia 2020 merupakan panduan yang berbasis pada bukti sebagai informasi dalam proses pertimbangan oleh seluruh pemangku kepentingan di masa depan Indonesia, termasuk pembuat kebijakan, pelaksana, guru, siswa, dan orang tua.

Berikut ini merupakan 12 rekomendasi yang Bank Dunia berikan kepada pemerintah Indonesia melalui laporan resminya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X