Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aku Pintar" Gelar Pameran Pendidikan "Satu Klik, Virtual EduExpo 2021"

Kompas.com - 20/11/2020, 12:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Pertumbuhan dunia pendidikan tidak boleh mengalami stagnasi meski pandemi global Covid-19 tengah melanda. Teknologi dapat menjadi solusi efektif pendidikan di era kenormalan baru.

Semangat inilah yang ingin coba dihadirkan dalam pameran pendidikan virtual yang digelar PT Aku Pintar Indonesia, "Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021" yang akan diselenggarakan pada 6-7 Februari 2021.

Pameran pendidikan virtual ini mengusung tema "Energizing Dreams: Pemanfaatan Teknologi Sebagai Solusi Akselerasi Pendidikan di Indonesia".

Konsep pameran virtual menjadi inovasi di tengah kenormalan baru bagi pengelola sekolah dan lembaga pendidikan dalam memasarkan produk lembaga pendidikan.

“Acara ini akan memberikan pengunjung sebuah pengalaman baru, seakan benar-benar berada di dalam sebuah pameran pendidikan konvensional. Pengunjung tetap dapat menikmati semua program dan mengaskes informasi yang ada di pameran secara gratis dari laptop ataupun smartphone-nya,” jelas CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko.

Baca juga: Indonesia-Belanda Gelar Pekan Pendidikan dan Riset, Terbuka untuk Umum

Pameran virtual pendidikan

Pebri menjelaskan, Virtual Edu-Expo (VEE) Aku Pintar akan mempertemukan produk pendidikan dari berbagai lembaga pendidikan dan perusahaan dengan calon peserta didik serta orangtua secara mudah, aman, dan gratis.

Tidak ada biaya masuk bagi pengunjung, pengunjung cukup mendaftar melalui laman https://expo.akupintar.id.

Menurut VEE Aku Pintar mengoptimalisasikan penerapan teknologi agar informasi seputar dunia pendidikan tetap dapat diakses di masa pandemi. Pebri optimis mengungkapkan pihaknya menargetkan pameran pendidikan virtual ini akan dihadiri 30ribu pengunjung.

Selama dua hari, VEE dari Aku Pintar akan diisi kegiatan informatif mulai dari talkshow, konsultasi pendidikan serta permainan dan kompetisi berhadiah total puluhan juta rupiah.

Untuk mengakses semua kegiatan tersebut, pengunjung cukup mengakses ruang-ruang pada laman pameran "Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021".

Misalnya, untuk menonton talkshow bisa memilih thumbnail ruang audiotorium, kemudian akan diantar pada forum yang menayangkan program talkshow.

Narasumber inspiratif

Sementara untuk akses informasi mengenai universitas, pengunjung bisa mengakses booth dari 75 universitas terkemuka atau lembaga pendidikan yang ambil bagian di pameran virtual ini.

Khusus untuk booth universitas dan lembaga pendidikan, pengunjung juga bisa mengunduh brosur serta melakukan konsultasi pendidikan.

Pada sesi talkshow, pameran pendidikan virtual Aku Pintar akan ada menghadirkan beragam narasumber inspiratif antara; lain Robinson Sinurat (Pendiri Yayasan Mimpi Besar Indonesia), James Parulian Putra Nababan (Anggota DPR RI) dan Gracia Josaphat Jobel Mambrasar (Staf Khusus Presiden RI sekaligus CEO Kitongbisa Social Enterprise).

Baca juga: 12 Rekomendasi Bank Dunia untuk Pendidikan Indonesia

Selain narasumber dari kalangan muda berprestasi, event ini akan menghadirkan juga narasumber dari pakar pendidikan dan psikolog.

Lebih lanjut lagi, Pebri berharap "Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021" mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di kenormalan baru sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Semoga ‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021’ bisa memfasilitasi dan membantu menjembatani antara pelajar dan orang tua dengan lembaga pendidikan agar mendapatkan produk pendidikan yang terbaik sesuai kebutuhan,” pungkas Pebri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com