Kompas.com - 27/11/2020, 11:57 WIB

KOMPAS.com – Sulitnya menaruh perhatian secara penuh pada saat belajar maupun mengerjakan tugas merupakan salah satu masalah yang dapat seseorang alami, mulai dari pelajar, pendidik, hingga pekerja.

Pasalnya, bekerja maupun belajar terus menerus dalam waktu yang lama bisa membuat otak dan metal menjadi lelah serta bosan.

Riset dari I-READ Center of Educational and Social Studies menunjukkan bahwa 88,5 persen mahasiswa merasa bosan belajar di rumah demi melakukan pembatasan sosial (social distancing).

Sementara itu, penelitian karya Jonathan Schooler menemukan, rata-rata orang dalam sehari dapat menghabiskan 15 hingga 20 persen waktunya untuk memikirkan hal lain di luar pekerjaan. Alhasil, pekerjaan jadi tidak terselesaikan atau tertunda.

Baca juga: Psikolog: Jaga Kesehatan Mental Saat PJJ dengan 8 Cara Ini

Mengalami permasalahan sulit fokus belajar saat kuliah, Francesco Cirillo pun menemukan metode "pomodoro" pada 1980 untuk melakukan manajemen waktu dengan tetap menjaga kondisi fisik serta psikis.

Saat itu, Francesco menggunakan alat pengatur waktu atau timer dari dapurnya yang berbentuk seperti tomat merah.

Dalam bahasa Italia, tomat disebut sebagai "pomodoro". Maka dari itu, metode manajemen waktu milik Francesco bernama pomodoro.

Secara garis besar, metode pomodoro menciptakan interval waktu dalam belajar atau mengerjakan tugas sehingga memunculkan urgensi seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Berikut ini merupakan empat langkah untuk menerapkan metode pomodoro dalam kehidupan sehari-hari.

1. Siapkan timer dan materi

Langkah pertama adalah pastikan memiliki timer untuk mengatur waktu. Kemudian, urutkanlah pengerjaan tugas atau pembelajaran materi berdasarkan skala prioritas. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.