KILAS

Lewat Kompetisi Ini, Puspeka Ajak Remaja dan Masyarakat Berkarya Positif

Kompas.com - 30/11/2020, 13:37 WIB
Kompetisi Karya Cerdas Berkarakter oleh Kemendikbud
DOK. Humas PuspekaKompetisi Karya Cerdas Berkarakter oleh Kemendikbud

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menelurkan berbagai kegiatan yang mendukung keaktifan dan kreasi para remaja hingga masyarakat umum.

Kali ini, Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Pendidikan Karakter (Puspeka) kembali mengajak remaja serta masyarakat berpartisipasi pada kompetisi Karya Cerdas Berkarakter.

Dengan mengangkat tema kreatif bagi pelajar dan masyarakat umum, kompetisi ini bertujuan memberi ruang sekaligus wadah untuk berbagi pesan positif mengenai penguatan karakter lewat karya orisinil yang berkualitas.

Seperti pada keterangan sebelumnya, peserta yang diperbolehkan ikut kompetisi dari tingkat pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan, serta umum.

Baca juga: Melalui Webinar, Puspeka Ajak Masyarakat Cari Cara Cegah Kekerasan Gender

Nah, bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi wajib mengambil tema "Menjadi Kuat Bersama Sahabat".

Sementara itu, untuk masyarakat umum, tema yang wajib diambil adalah "Selalu Ada Cinta untuk Keluarga".

Adapun bentuk karya yang dilombakan dalam Kompetisi Karya Cerdas Berkarakter dibagi menjadi tiga kategori.

Baca juga: Tapak Tilas Sumpah Pemuda, Puspeka: Merawat Semangat Persatuan di Tengah Perbedaan

Kategori pertama, berupa video iklan layanan masyarakat (ILM). Kedua, karya bentuk komik dengan suara, sedangkan ketiga adalah cipta karya lagu.

Untuk tiga peserta terbaik pada setiap segmen akan mendapatkan berbagai hadiah, seperti laptop hingga gadget yang terdiri dari tablet dan ponsel pintar.

Selain itu, ada merchandise menarik untuk karya yang ditampilkan pada parade Kompetisi Cerdas Berkarakter dan diberikan pula e-Sertifikat bagi peserta yang telah mengunggah karya.

Baca juga: Ini Nama-nama Pemenang Lomba Blog dan Vlog Puspeka Kemendikbud

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X