Jadi Pensiunan Ingin Bahagia? Ini Tips dari Alumnus IPB University

Kompas.com - 02/12/2020, 12:33 WIB
Ilustrasi pensiunan ShutterstockIlustrasi pensiunan
|

KOMPAS.com - Usai purnabakti, seseorang akan menjadi pensiunan. Tentu, masa pensiun merupakan masa yang indah untuk dijalani.

Karena, seorang pensiunan tidak lagi memikirkan pekerjaan pokok. Sehingga tinggal menikmati masa pensiun dengan hidup yang lebih baik lagi.

Hanya saja, menjadi pensiunan akan mengalami beberapa masalah atau muncul kekhawatiran. Sebab, tak ada lagi aktivitas yang biasa dilakukan seperti dulu.

Agar menjadi pensiunan yang bahagia, seorang trainer yang juga alumnus IPB University dari Fakultas Pertanian Ir. Jamil Azzaini, MM., membagikan tips yang baik.

Melansir laman IPB University, Selasa (1/12/2020), Jamil Azzaini memberikan tips bahagia pada Pelatihan Purnabakti Tahun 2020 bagi peserta (pendidik dan tenaga kependidikan IPB University) yang akan pensiun.

Baca juga: 7 Tips Tetap Bahagia saat Pandemi dari Akademisi IPB

Pelatihan yang digelar beberapa hari lalu tersebut bertemakan "Semakin Bahagia dan Produktif di Usia Pensiun".

"Masa pensiun merupakan masa yang indah untuk dijalani, dimana pemaknaan spiritual mulai terasa," ujarnya.

Kebahagiaan adalah pilihan pribadi

Ternyata, ia sendiri telah membuktikan hal tersebut setelah lama berinteraksi dengan klien-klien dari kalangan staf biasa hingga direksi berbagai perusahaan.

Dikatakan, pada masa pensiun, sering ditemukan kekhawatiran berupa:

  • masalah kesehatan
  • keuangan
  • tak ada aktivitas
  • kesepian, terutama pada klien kalangan profesional.

"Bila tidak dikelola dengan baik maka akan membuat diri semakin lemah dan rapuh," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X