Sebelum 20 Desember, Dana BOS Tambahan Rp 889 Miliar Cair ke Madrasah

Kompas.com - 04/12/2020, 17:39 WIB
Para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) At Thosari di Kalirejo, Ungaran, Kabupaten Semarang, melaksanakan shalat duha dan berzikir sebelum mengerjakan soal-soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs 2018. Kompas.com/Syahrul MunirPara siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) At Thosari di Kalirejo, Ungaran, Kabupaten Semarang, melaksanakan shalat duha dan berzikir sebelum mengerjakan soal-soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs 2018.
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Ahmad Umar memastikan tambahan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk madrasah sebesar Rp 889 miliar akan cair sebelum 20 Desember 2020.

"Ada dua indikator penyaluran dana BOS tambahan ini dinilai berjalan sesuai dengan target dan rencana (sebelum 20 Desember 2020)," ucap Umar melansir laman Kemenag, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: 542.901 Guru Honorer Madrasah Dapat Subsidi Gaji Rp 1,8 Juta

Pertama, kata Umar, bila pecairan dana BOS ini selesai sebelum 20 Desember 2020, karena Kemenag membantu Bapak atau Ibu madrasah dengan cepat dalam menginput data di sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik).

"Sehingga bisa dicairkan sebelum 20 Desember ini," jelas dia.

Indikator yang kedua, kata dia, bila bantuan dana BOS tambahan bagi madrasah telah selesai dibelanjakan sebelum 30 Desember 2020.

"Jadi pencairan itu beda dengan pembelanjaan. Bapak atau Ibu kami harapkan segera melakukan pembelanjaan dengan menggunakan dana BOS tambahan tersebut," ujar Umar.

Pembelanjaan dana BOS dioptimalkan

Umar berharap pembelanjaan dana BOS Madrasah dapat dioptimalkan, sehingga bisa menunjang pembelajaran digital di lingkungan madrasah. Apalagi, belajar tatap muka sudah bisa dijalankan di Januari 2021.

"Jadi, pada Januari nanti, kita sambut anak-anak datang ke madrasah dengan suasana baru. Yang belum punya LCD Screen bisa beli. Jadi meski di dalam ruangan harus jaga jarak, anak-anak tetap bisa melihat jelas materi yang disampaikan," tutur dia.

Dia juga menekankan, pihak madrasah jangan lupa melengkapi sarana dan prasarana terkait protokol kesehatan di madrasah, seperti sanitasi dan sebagainya.

Selain itu, lanjut Umar, dana BOS juga bisa digunakan untuk membeli perlengkapan penunjang pembelajaran, seperti laptop atau personal computer bagi guru dan siswa, serta langganan internet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X