Kompas.com - 08/12/2020, 15:51 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. PIXABAYIlustrasi Mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|

KOMPAS.com - Bila sudah duduk di bangku akhir SMA, kalian pastinya memikirkan jurusan kuliah apa yang akan dipilih. Biasanya, banyak orang memilih jurusan kuliah yang favorit di hampir setiap perguruan tinggi.

Banyaknya peminat di jurusan kuliah yang kalian pilih, maka semakin sulit kalian rebut satu kursi di jurusan yang diingginkan. Begitu juga saat lulus, maka bersaing pula mencari pekerjaan di dunia kerja. Biasanya jurusan kuliah yang banyak dicari, seperti Akuntansi, Komunikasi, Kedokteran, Hukum, dan Manajemen.

Baca juga: Tidak Pintar Matematika, Pilih 8 Jurusan Kuliah Ini

Namun, kalian pernah tidak untuk berpikir, agar mencari jurusan kuliah yang langka di Indonesia. Biasanya jurusan ini jarang dipilih banyak orang.

Melansir laman maukuliah.id, Selasa (8/12/2020), menyebutkan bahwa setidaknya ada 6 jurusan kuliah langka, tapi mempunyai peluang besar bagi karirmu di dunia kerja.

Yuk simak 6 jurusan kuliah langka yang membuat kalian mudah mencari kerja.

1. Jurusan Astronomi

Ketika berbicara Jurusan Astronomi, pastinya pikiran kalian terbesit akan menjadi astronom. Sebab, di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari ilmu tata surya, fisika bintang, galaksi dan kosmologi.

Dengan begitu, kalian akan lebih banyak menggali ilmu di dunia observasi terhadap benda-benda langit. Di Indonesia, jurusan ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Saat lulus dari jurusan ini dan sudah menjadi astronomer, maka keahlian kalian sangat dibutuhkan oleh lembaga-lembaga antariksa dan penelitian yang ada di Indonesia.

2. Jurusan Teknik Nuklir

Banyak orang yang takut dengan jurusan ini, karena namanya. Tapi jangan salah, banyak ilmu yang mahasiswa dapatkan bila mengambil Jurusan Teknik Nuklir. Tak hanya ilmu saja, prospek karir atau pekerjaan yang didapatkan juga sudah tidak bisa diragukan lagi.

Biasanya, jurusan ini dibuka untuk siswa yang ingin mendalami fenomena dan reaksi yang terjadi oleh tenaga nuklir. Makin majunya zaman, jurusan ini sangat dibutuhkan oleh lembaga atau individu, seperti di dunia kesehatan, perindustrian atau bahkan dunia pengetahuan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X