Kompas.com - 15/12/2020, 12:44 WIB
Ilustrasi wisudawan IPB University. DOK.Laman IPBIlustrasi wisudawan IPB University.

KOMPAS.com - Perjuangan untuk bisa masuk kampus impian bisa jadi hal yang tidak mudah bagi calon mahasiswa.

Namun, segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus, adalah perjuangan yang juga harus disiapkan setelah menjadi mahasiswa.

Asisten Direktur (Asdir) Pengembangan Karier dan Kewirausahaan, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier (DitmawaPK) IPB University Handian Purwawangsa mengatakan, bila banyak yang beranggapan kalau masuk kuliah adalah hal terberat, justru setelah lulus adalah fase terberat.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

“Awalnya kita pasti beranggapan bahwa masuk kuliah merupakan suatu hal yang berat. Itu salah, justru setelah lulus kuliahlah yang berat,” tutur Handian seperti dirangkum dari laman IPB University, Selasa (15/12/2020).

Terlebih, kata dia, setelah masa pandemi tantangan dan persaingan dalam mencari pekerjaan bisa semakin sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, ia mengatakan, peluang pasti akan selalu peluang. Peluang harus dimanfaatkan dengan berbagai kemampuan yang sudah diperoleh di kampus.

“Untuk itu, sebelum mahasiswa resmi diwisuda, kami gelar kegiatan yang berisi tentang sharing pengalaman, membuka wawasan dari narasumber (alumni sukses) yang memiliki pengalaman cukup luas baik di dalam dan luar negeri,” jelasnya.

Baca juga: Lowongan Kerja D3-S1 di LPMUKP Kementerian Kelautan dan Perikanan

Bimbingan karier bagi lulusan baru

Untuk membantu lulusan baru dalam meniti karier, IPB University menjalankan program khusus bimbingan karier. Setelah lulus, para lulusan baru IPB akan dibekali ilmu untuk mempersiapkan karier.

Tim Carrier Development Affair (CDA) DitmawaPK, lanjut Handian, akan memperkuat kemampuan lulusan terkait teknis menghadapi interview, membuat Curriculum Vitae (CV) dan berbagai kemampuan tambahan.

Termasuk memberikan program khusus untuk lulusan yang belum mendapatkan kerja setelah 6 bulan diwisuda.

“Kami juga ada program baru yaitu program enrichment khusus untuk para lulusan yang enam bulan belum kerja. Bagi lulusan yang enam bulan setelah lulus tapi belum berkarier, biasanya memiliki masalah tertentu. Seperti gagal di wawancara dan sebagainya. Sehingga kami ada treatment khusus," kata dia.

Baca juga: Kampus Swasta Ini Raih Predikat 4 Star di Pemeringkatan Dunia

IPB berharap para lulusan bisa menjadi member CDA untuk meningkatkan kapasitas dalam upaya menjawab tantangan yang jauh lebih berat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X