Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Yuk Jaga Imunitas dengan 5 Rempah Populer Ini

Kompas.com - 09/01/2021, 07:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sampai saat ini, jumlah penambahan kasus Covid-19 di Indonesia setiap hari masih tinggi. Tak heran jika pemerintah menerapkan PSBB Jawa Bali atau penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Adapun PPKM ini akan diberlakukan pada 11-25 Januari 2021. Banyak daerah di Jawa dan Bali yang masuk dalam wilayah risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Karena Covid-19 masih menjadi ancaman masyarakat, maka kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, juga menjaga kesehatan tubuh.

Bagi siswa, orang tua, dan masyarakat harus menjaga daya tahan tubuh. Bagaimana caranya? Tentu bisa dengan mengonsumsi rempah-rempah.

Baca juga: Dosen IPB Ciptakan Garam Peningkat Imunitas dari Rumput Laut

Merangkum akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (8/1/2021), berikut ini 5 rempah populer dan manfaatnya.

1. Kayu manis

Kayu manis memang bermanfaat sebagai pengendali gula darah. Rempah ini mengandung cinnamaldehyde, senyawa yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Menurut studi yang dipublikasikan Journal of Agricultural and Food Chemistry, kandungan antioksidan yang terdapat di rempah ini bisa membantu melawan dan menurunkan:

  • kolesterol
  • trigliserida dalam darah

2. Kunyit

Kunyit sebagai anti inflamasi. Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki efek antiradang, bahkan khasiat ini bisa disandingkan dengan obat antiradang lainnya.

Kurkumin juga membantu meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh dan melawan kerusakan oksidatif.

Studi Brain Research menyebutkan bahwa kurkumin dapat mencegah:

  • penyakit Alzheimer
  • meningkatkan fungsi otak
  • meredakan radang sendi

3. Jahe

Rempah yang satu ini bisa meredakan mual. Selain sering digunakan untuk menghangatkan tubuh, manfaat rempah jahe juga mampu meredakan mual.

Satu gram jahe mampu meredakan mual yang biasanya disebabkan oleh morning sickness, mabuk perjalanan atau laut, dan kemoterapi.

Cancer Prevention Research (Phila) menyebutkan, peradangan usus besar bisa dicegah dengan mengonsumsi 2 gram ekstrak jahe per hari.

4. Pala

Pala membantu melawan radikal bebas. Penyakit kanker dan jantung merupakan penyakit yang terkait dengan radikal bebas.

Antioksidan dan antidepresan yang terdapat dalam rempah pala diperlukan untuk melawan radikal bebas berlebih dan pemicu kerusakan sel.

5. Cengkeh

Rempah yang satu ini kaya nutrisi. Cengkeh memang kecil, tetapi ternyata di dalam cengkeh terdapat vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bayangkan saja, dalam 1 sendok teh cengkeh itu terdapat 21 kalori, 1 gram karbohidrat, vitamin E, 30 persen kebutuhan mangan harian, dan 3 persen kebutuhan vitamin C harian.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19 dari Akademisi IPB

Ada juga 4 persen kebutuhan vitamin K harian, magnesium, kalsium, protein, dan lemak. Lebih spesial lagi, di dalam cengkeh terdapat senyawa eugenol yang berkhasiat sebagai antioksidan alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com