Siswa, Yuk Jaga Imunitas dengan 5 Rempah Populer Ini

Kompas.com - 09/01/2021, 07:57 WIB
5 rempah populer dan manfaatnya bagi kesehatan siswa, orang tua, juga masyarakat. Tangkapan layar Instagram Kemendikbud5 rempah populer dan manfaatnya bagi kesehatan siswa, orang tua, juga masyarakat.
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, jumlah penambahan kasus Covid-19 di Indonesia setiap hari masih tinggi. Tak heran jika pemerintah menerapkan PSBB Jawa Bali atau penerapan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM).

Adapun PPKM ini akan diberlakukan pada 11-25 Januari 2021. Banyak daerah di Jawa dan Bali yang masuk dalam wilayah risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Karena Covid-19 masih menjadi ancaman masyarakat, maka kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, juga menjaga kesehatan tubuh.

Bagi siswa, orang tua, dan masyarakat harus menjaga daya tahan tubuh. Bagaimana caranya? Tentu bisa dengan mengonsumsi rempah-rempah.

Baca juga: Dosen IPB Ciptakan Garam Peningkat Imunitas dari Rumput Laut

Merangkum akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (8/1/2021), berikut ini 5 rempah populer dan manfaatnya.

1. Kayu manis

Kayu manis memang bermanfaat sebagai pengendali gula darah. Rempah ini mengandung cinnamaldehyde, senyawa yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Menurut studi yang dipublikasikan Journal of Agricultural and Food Chemistry, kandungan antioksidan yang terdapat di rempah ini bisa membantu melawan dan menurunkan:

  • kolesterol
  • trigliserida dalam darah

2. Kunyit

Kunyit sebagai anti inflamasi. Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki efek antiradang, bahkan khasiat ini bisa disandingkan dengan obat antiradang lainnya.

Kurkumin juga membantu meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh dan melawan kerusakan oksidatif.

Studi Brain Research menyebutkan bahwa kurkumin dapat mencegah:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X