Mahasiswa, Ini 5 Tips Jitu Kirim Email Saat Melamar Pekerjaan

Kompas.com - 16/01/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi email. SHUTTERSTOCKIlustrasi email.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kemajuan internet dan teknologi memudahkan banyak orang tanpa harus keluar rumah, salah satunya mengirim lamaran pekerjaan dengan email.

Memang cara melamar pekerjaan lewat email terbilang praktis dan mudah, tapi ada yang harus diperhatikan oleh mahasiswa ketika melamar pekerjaan saat lulus kuliah nanti.

Baca juga: Pahami 7 Tips Ini agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Melansir laman Ditjen Dikti, Sabtu (16/1/2021), menyebutkan ada lima tips yang harus diperhatikan saat mengirim email untuk melamar pekerjaan.

Karena, tata cata penulisan email sangat menentukan atau tidaknya, kamu bisa dilirik oleh perekrut karyawan di perusahaan.

Dari pengiriman email, perekrut juga bisa mengenal kualitas diri kamu secara baik.

Mari simak 5 tips itu dengan jelas, agar kamu sukses saat melamar pekerjaan.

1. Gunakan subjek atau judul

Banyak kasus, orang saat melamar pekerjaan tidak mengisi subjek atau judul pada email. Hal itu membuat perusahaan menganggap email tersebut tidak penting.

Akhirnya, pengirim lamaran pekerjaan tersebut dianggap tidak sopan oleh perusahaan. Sebab, tidak profesional dalam menulis subjek atau judul email.

Maka dari itu, buat subjek email yang mudah dimengerti oleh banyak perekrut perusahaan.

Baca juga: 4 Cara Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa

2. Isi body email saat melamar pekerjaan

Di era modern saat ini, memang masih menemukan orang yang bingung menuliskan body email saat melamar pekerjaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X