Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2021, 14:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Oleh: Adisti | Editor Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Sekolah berhantu? Ah, itu sudah biasa. Kalau para hantunya imut-imut dan bisa diajak main? Hem..., sepertinya seru juga!

"Hanako Sepulang Sekolah" merupakan komik spin-off dari “Hanako Si Arwah Penasaran” (berjudul asli “Jibaku Shonen Hanako-kun”) karya AidaIro, yang telah diterbitkan Elex Media Komputindo sejak Maret 2019 hingga jilid 12.

Komik ini diangkat dari Houkago Shonen Hanako-kun, konten ekstra yang per babnya berjumlah 8–10 halaman, yang tadinya hanya dipublikasikan dalam majalah online PFantapy sekali sebulan.

Saat ini, komik spin-off ini hanya terdiri dari satu jilid berisi 15 bab, tapi sejak November 2020, PFantapy kembali memublikasikan bab baru Houkago Shonen Hanako-kun, sehingga tidak menutup kemungkinan kisah ekstra ini akan dibukukan kembali jika jumlah babnya sudah mencukupi.

Baca juga: Manga Mob Psycho 100: Anak Biasa dengan Kekuatan Dahsyat

Hanoko, Si Hantu Toilet

Di Akademi Kamome, beredar rumor mengenai sejumlah keganjilan yang disebut “Nana Fushigi” alias Tujuh Misteri. Konon jika kebenaran di balik seluruh misteri itu terkumpul, akan terjadi sesuatu!

Salah satu yang paling terkenal adalah “Hanako Si Hantu Toilet”. Kabarnya, di bilik ketiga toilet wanita pada lantai tiga gedung sekolah lama, berdiam hantu anak perempuan bernama Hanako.

Jika pintu bilik diketuk sebanyak tiga kali, dia akan muncul dan mengabulkan permohonan si pemanggil, namun dengan bayaran berupa hal yang berharga bagi orang tersebut.

Suatu hari, Nene Yashiro, siswi kelas 1 SMA Akademi Kamome, memberanikan diri untuk memanggil Hanako untuk mengabulkan permintaannya. Namun, yang muncul malah seorang anak laki-laki mengaku bernama “Hanako”!

Karena satu dan lain hal, akhirnya Nene terpaksa menjadi asisten dari Nana Fushigi Nomor Tujuh tersebut. Sejak itulah, Nene yang penggemar hal-hal mistis mulai berurusan dengan dunia gaib dan para penghuninya, seperti hantu, peri, siluman, dan masih banyak lagi!

Kisah Nana Fushigi alias Tujuh Misteri dalam Hanako Si Arwah Penasaran mengambil ide dari fenomena ganjil atau supernatural dalam masyarakat Jepang.

Nana Fushigi yang disebarkan dari mulut ke mulut ini konon memiliki banyak versi, tergantung lokasi dan wilayahnya. Terhitung sebagai urban legend, Nana Fushigi telah banyak diadaptasi dalam berbagai medium, seperti film, novel, atau komik horor.

Hanako Si Arwah Penasaran pun termasuk salah satu literatur yang mengangkat fenomena Nana Fushigi di sekolah-sekolah Jepang.

Namun, alih-alih mengadaptasinya begitu saja, AidaIro menjadikan tokoh Hanako, hantu anak perempuan yang berdiam di toilet, sebagai tokoh sentralnya dengan sedikit twist, yaitu mengubahnya menjadi anak laki-laki.

Komik ini merupakan perpaduan kisah misteri bernuansa komedi, dengan kisah romansa dan persahabatan yang kental.

Baca juga: Komik “Jujutsu Kaisen”, Baru Terbit Langsung Cetak Ulang

Berbeda dengan komik utamanya yang memiliki plot terus mengalir, komik spin off ini berisi kisah-kisah pendek ringan, penuh dengan tingkah kocak para manusia dan makhluk supernatural yang bermain-main melepas penat sepulang sekolah, dan tidak berhubungan dengan jalan cerita utama.

Hampir semua tokoh yang muncul dalam komik utama mendapat jatah tampil di sini, sehingga pembaca pun bisa lebih mendalami karakter mereka.

KJangan sampai ketinggalan! Kalian bisa mendapatkan Hanako Sepulang Sekolah lewat tautan resmi berikut ini: https://www.gramedia.com/products/hanako-sepulang-sekolah

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com