Kompas.com - 27/01/2021, 15:37 WIB
Ilustrasi mahasiswa lulus kuliah. ShutterstockIlustrasi mahasiswa lulus kuliah.

KOMPAS.com - Memilih jurusan kini tak bisa dilakukan hanya karena ikut-ikutan teman. Pasalnya, pilihan jurusan akan menentukan semangat atau tidaknya kamu dalam menjalani perkuliahan.

Jauh lebih penting, jurusan yang kamu pilih akan menentukan arah karier serta prospek kerja kamu di masa depan. Sehingga, memilih jurusan untuk melanjutkan studi seharusnya dilakukan dengan cermat.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan jurusan antara lain kesesuaian dengan minat dan kemampuan, kebutuhan dana, dan tak lupa prospek kerja.

Baca juga: 3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

Merangkum laman Pintek.id, Rabu (27/1/2021), ada sejumlah jurusan yang diminati pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Untuk menambah wawasan kamu, inilah daftarnya sekaligus peluang karier yang relevan:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jurusan IPA (Saintek)

1. Kedokteran (Pendidikan Dokter)

Dari tahun ke tahun jurusan ini selalu menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas negeri.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya, fisiologi, biokimia, dan histologi.

Persyaratan untuk kuliah di FK adalah memiliki minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

Baca juga: 20 Perguruan Tinggi Negeri Paling Diminati Peserta SNMPTN 2020

Peluang karier jurusan ini adalah sebagai dokter di rumah sakit, klinik, atau membuka praktik, bekerja di perusahaan kesehatan, tenaga pengajar, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X