Kompas.com - 28/01/2021, 08:56 WIB
Nur Fitri Fatimah. DOK.Laman UNS Nur Fitri Fatimah.
|

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dikenal sebagai pencetak guru. Tentu karena memiliki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Namun, tak hanya mencetak guru, banyak pula para lulusan yang menjadi kepala sekolah. Lebih menariknya lagi, ada salah satu lulusan Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP yang jadi kepala sekolah dalam usia masih belia, yakni di usia 24 tahun.

Melansir laman UNS, Kamis (28/1/2021), Nur Fitri Fatimah yang jadi alumnus UNS 2016 membeberkan kisahnya sebagai kepala sekolah SD.

SD itu bernama SD Muhammadiyah Baitul Fallah (MBF) yang terletak di Bancak 1, RT 1 RW 2, Bancak 2, Gebyog, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Pakan Lele Alami dari Bahan Ini

Tanah wakaf dibangun sekolah

Ternyata, SD itu masih baru. Bahkan perempuan asal Karanganyar yang kini berusia 26 tahun ini menuturkan bahwa cikal bakal berdirinya MBF adalah terbentuknya Sekolah Tani Organik Intan Pari (STOIP) yang digagas oleh Forum Mahasiswa Islam Karangayar (Formaiska) pada 2016.

Setelah berjalan beberapa saat, ada tanah wakaf seluas 4.000 meter persegi yang dipercayakan untuk kebermanfaatan sosial oleh seseorang.

Tanah ini pun kemudian dimanfaatkan oleh Pipit, panggilan akrab dari Nur Fitri Fatimah, beserta teman-temannya untuk memulai pembangunan SD MBF.

Dia dan teman-temannya mulai merintis SD MBF sejak awal dengan semangat perbaikan pendidikan yang ada di Indonesia. "Saya ingin turut serta memperbaiki pendidikan di Indonesia," ujarnya.

Dijelaskannya, ketika pembangunan sekolah selesai, Pipit diangkat menjadi kepala sekolah pertama di SD MBF pada usia 24 tahun.

Meski tergolong sekolah baru, ada salah satu siswa kelas 1 SD yang berhasil menyabet penghargaan pada ajang Thailand International Math Olimpiade pada Desember lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X