Kompas.com - 29/01/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi Kampus Shutterstock.comIlustrasi Kampus
|

KOMPAS.com - Di awal Januari 2021, pemerintah melalui LTMPT telah meluncurkan seleksi PMB 2021. Salah satunya ialah dimulainya proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Bagi siswa kelas 12 SLTA tentu harus bersiap diri. Selain segera menentukan mau ikut jalur seleksi apa, juga menentukan kampus dan program studinya.

Namun, pada jenjang pendidikan tinggi terdapat beberapa bentuk instansi pendidikan yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menimba ilmu.

Baca juga: PTN Ini Jadi Kampus Terbaik Indonesia Versi Webometrics

Khususnya untuk pendidikan tinggi akademik, ada beberapa jenis atau bentuk perguruan tinggi yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu dan apa perbedaannya?

Melansir akun Instagram Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Kemendikbud, Kamis (28/1/2021), berikut ini bentuk-bentuk perguruan tinggi akademik.

Adapun informasi ini bersumber dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012.

Pendidikan akademik merupakan Pendidikan Tinggi program sarjana dan atau program pascasarjana yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Terdapat beberapa jenis atau bentuk perguruan tinggi yang termasuk pendidikan tinggi akademik, ini bedanya universitas dan institut serta sekolah tinggi:

1. Universitas

Perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan atau teknologi dan jika memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Contohnya:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X