Kompas.com - 02/02/2021, 15:25 WIB
Relawan mendampingi anak-anak menulis proses mencapai cita-citanya di sekolah alam Kampung Batara di Papring, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (24/9). Kegiatan edukasi tersebut bertujuan untuk memperkuat literasi pada anak-anak sekolah alam yang terletak di pinggir hutan produksi perhutani. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc/17. BUDI CANDRA SETYARelawan mendampingi anak-anak menulis proses mencapai cita-citanya di sekolah alam Kampung Batara di Papring, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (24/9). Kegiatan edukasi tersebut bertujuan untuk memperkuat literasi pada anak-anak sekolah alam yang terletak di pinggir hutan produksi perhutani. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc/17.
|

KOMPAS.com - Belajar di rumah saat pandemi Covid-19 tentu mendatangkan banyak tantangan bagi orang tua. Terlebih bagi orang tua yang punya anak di tingkat awal Sekolah Dasar (SD).

Hal ini karena anak-anak masih harus melewati masa transisi dari PAUD ke SD dengan pendampingan penuh dari orang tua.

Salah satu tantangan yang mungkin dialami orang tua yaitu saat mendampingi anak belajar menulis. Berikut ini kendala anak belajar menulis:

1. Kemampuan motorik tiap anak berbeda

Tentunya orang tua harus sabar dan telaten dalam mendampingi anak saat memulai belajar menulis. Mengutip laman PAUD Dikmas Kemendikbud, kemampuan anak saat belajar menulis berbeda-beda karena perkembangan motorik halus anak usia dini belum begitu sempurna.

Baca juga: Orangtua, Kenali Tahapan Menulis Anak Berikut Cara Menstimulasinya

Tidak hanya soal motorik halus, ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan anak kurang bersemangat untuk belajar menulis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak bosan dengan menulis. Hal ini bisa disebabkan karena tingginya tuntutan orang tua terhadap anak.

Sehingga menyebabkan orang tua selalu menuntut anak belajar menulis dan langsung mengomel jika anak lebih banyak bermain.

2. Perlengkapan menulis kurang memadai

Peralatan menulis yang kurang memadai. Ternyata dengan punya peralatan menulis yang lengkap dan menarik, bahkan mungkin bergambar tokoh kartun favorit anak juga bisa meningkatkan antusias mereka dalam belajar menulis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.