Kompas.com - 02/02/2021, 16:20 WIB

KOMPAS.COM- Memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermakna dan bermanfaat sudah lama ada di benak Siti Nurul Aini (29), guru kelas IV SDN 173/V Tanjung Benanak Tanjung Jabung Barat Jambi.

Siti menginginkan dalam materi pembelajarannya, siswa bisa memanfaatkan barang bekas ketika belajar dari rumah (BDR).

Pada materi tentang perubahan energi, Siti punya ide. Ia menginginkan siswa dengan krativitasnya bisa memanfaatkan barang bekas untuk membuat kegiatan tentang energi angin menjadi energi gerak dengan cara membuat mobil energi angin.

“Perubahan energi merupakan berubahnya suatu bentuk energi ke dalam bentuk energi yang lainnya,” ujar guru yang pernah dilatih Tanoto Foundation.

Dalam hal ini sesuai dengan hukum kekekalan energi bahwa energi tidak dapat dihilangkan atau dimusnahkan, tetapi dapat diubah menjadi bentuk energi lain.

“Seperti balon ditiup untuk dapat menggerakkan mobil mainan,” ujarnya, Selasa, (2/2/2021).

Baca juga: Orangtua Jangan Emosi, Begini Manfaat Dampingi Anak BDR

Materi perubahan energi

Dengan antusias siswa kelas IV pun mencari barang bekas di sekitar rumah karena pembelajaran masih daring, seperti botol bekas, sedotan besar, tusuk sate, solasiban, 4 tutup botol, balon, gunting, dan paku.

Dalam materi ini dibahas tentang pelajaran IPA yaitu perubahan energi angin menjadi energi gerak.

Angin merupakan udara yang bergerak dan sangat banyak manfaatnya bagi manusia salah satunya adalah untuk pembangkit tenaga listrik. Selain untuk pembangkit tenaga listrik angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil tenaga angin yang akan kita buat.

Konsep yang dikembangkan adalah bagaimana membuktikan hubungan antar gaya, gerak, dan energi melalui percobaan. Siswa akan membuktikan pemanfaaatan angin sebagai energi alternatif melalui percobaan dengan memanfaatkan botol bekas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.