Kompas.com - 04/02/2021, 14:51 WIB
Ilustrasi mahasiswa Kalbe Institute DOK. KALBE INSTITUTEIlustrasi mahasiswa Kalbe Institute

KOMPAS.com- Mencari jurusan yang pas saat mendaftar ke perguruan tinggi selalu menjadi pertimbangan besar bagi kalian, calon mahasiswa.

Banyak nya jurusan yang ditawarkan berbagai kampus, kadang membuat kalian bingung menentukan mana yang menjadi prioritas pertama atau kedua.

Kalau salah pilih jurusan, itu justru membuat kalian kesusahan meraih mimpi.

Karena, ketika kalian merasa tidak cocok dengan jurusan yang kalian pilih otomatis akan kesusahan menuntaskan tugas kuliah dan imbasnya, bisa terlambat lulus.

Nah, tapi jangan khawatir. Ada cara mudah menentukan jurusan yang pas bagi kalian. Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (UNAIR), Dewi Retno Suminar memiliki tips jitu dalam memilih jurusan.

1. Mengenal diri sendiri

Pertama yang paling penting dalam memilih jurusan adalah mengenali diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri dapat mengetahui potensi diri dan minat diri.

Baca juga: Dirjen Diksi: Jangan Takut Pilih Jurusan Kuliah yang Tak Favorit

2. Bangkitkan mimpi

Kedua, kalian harus membangkitkan mimpi untuk menguatkan motivasi dalam memilih jurusan. Sehingga bisa fokus terhadap tujuan yang akan dicapai.

3. Pahami kekuatan

“Nah, yang penting dalam hal mengenal diri sendiri. Calon mahasiswa baru, harus coba untuk memahami apa saja kekuatan yang dimiliki," kata Dwi.

Misalnya, jika ada calon mahasiswa yang memiliki kemampuan di matematika atau hitungan, maka dia bisa memilih jurusan yang mengandalkan kemampuan itu.

Baca juga: Prospek Kerja Prodi Astronomi ITB, Ini Jurusan Langka Lho...

Atau, jika kalian memiliki kemampuan verbal yang baik, bisa memilih jurusan yang mampu membantu mengembangkan kemampuan kalian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X