Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan SDM Daerah, Politap Punya 4 Program Ini

Kompas.com - 07/02/2021, 05:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar), Politeknik Negeri Ketapang (Politap) sangat fokus terhadap proses pengembagan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Khususnya untuk meningkatkan SDM di wilayahnya, Politap memiliki empat program yaitu program Desa Unggul, Desa Akses, Desa Sinergi, dan Desa Wisata.

Direktur Politap, Endang Kusmana, mengungkapkan visi ini dilakukan karena adanya protes yang sering dilayangkan warga terhadap suatu perusahaan yang justru kerap mempekerjakan SDM dari luar Ketapang.

Terlebih sejumlah perusahaan besar ada di Ketapang namun permasalahan pengangguran terus merajalela. Kondisi ini diperparah ketika banyak tenaga kerja yang sering keluar dengan alasan tidak betah. Sementara jika harus merekrut tenaga dari desa sangat tidak qualified.

Baca juga: Politap Kembangkan Tumbuhan Obat dari SDA Taman Nasional Gunung Palung

"Sebenarnya keadaan ini membuat bingung pihak industri juga. Mereka ingin merekrut tenaga kerja dari desa, namun tidak qualified. Sementara itu tenaga kerja dari luar juga sering tidak betah, makanya banyak yang keluar," terang Endang Kusmana dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Menghadapi permasalahan ini, Politap mempunyai beberapa solusi agar bisa memanfaatkan sumber daya manusia dengan baik. Melalui 4 program yang diterapkan ini, diharapkan bisa meningkatkan SDM di Kabupaten Ketapang.

1. Program Desa Unggul

Program ini merupakan program yang diinisiasi Politap untuk mendidik anak desa supaya punya keterampilan vokasi dan kerja di industri. Sehingga mereka bisa dibekali skill agar qualified di lingkungan kerja nanti.

Baca juga: Dirjen Vokasi Terima Gedung dan Laboraturium Politap dari PUPR

2. Program Desa Sinergi

Program ini digunakan untuk menjembatani anak-anak dari desa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Anak-anak dari desa bisa mengenyam pendidikan dengan baik.

3. Program Desa Akses

Program ini merupakan program kuliah yang digelar di balai desa atau kantor kecamatan.
Menariknya lagi, seluruh calon mahasiswa akan dilakukan tes penerimaan berbasis CBT dan memanfaatkan platform EdLink.

Saat menggunakan platform EdLink ini seluruh data yang digunakan sudah terintegrasi dengan SEVIMA Cloud.

4. Program Desa Wisata

Setelah adanya akses internet di wilayah ini, banyak anak muda yang sudah mulai melek dengan teknologi. Ini membuat mereka lebih gencar mempromosikan wisata di wilayah ini.

Baca juga: Genjot Vokasi, Politap Siap Membangun Vokasi dari Desa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com