Kompas.com - 06/02/2021, 10:17 WIB
Ilustrasi rempah SHUTTERSTOCK/monticelloIlustrasi rempah
|

KOMPAS.com - Selama hampir setahun ini, siswa sekolah ikut pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19. Karena itu, diharapkan siswa tetap lebih banyak beraktivitas di rumah saja.

Selain meluangkan waktu untuk berolahraga, kamu juga bisa bisa menjaga kesehatan termasuk meningkatkan imunitas tubuh.

Berbicara meningkatkan imun, berikut ini ada info menarik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Melalui akun Instagramnya, Kemendikbud berbagi info mengenai aneka rempah dan manfaatnya.

Baca juga: Siswa, Yuk Jaga Imunitas dengan 5 Rempah Populer Ini

Jaga imunitas tubuh

Berikut ini 5 rempah populer dan manfaatnya:

1. Kunyit

Kunyit sebagai anti inflamasi. Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki efek antiradang, bahkan khasiat ini bisa disandingkan dengan obat antiradang lainnya.

Kurkumin juga membantu meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh dan melawan kerusakan oksidatif.

Studi Brain Research menyebutkan bahwa kurkumin dapat mencegah:

  • penyakit Alzheimer
  • meningkatkan fungsi otak
  • meredakan radang sendi

2. Jahe

Rempah yang satu ini bisa meredakan mual. Selain sering digunakan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga mampu meredakan mual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X