Kompas.com - 12/02/2021, 19:54 WIB
Ilustrasi madu mentah shutterstockIlustrasi madu mentah

KOMPAS.com- Kekayaan alam di Indonesia begitu banyak. Mulai dari aneka ragam tumbuhan hingga hewan.

Hampir semua sumber daya alam di Indonesia memiliki manfaat yang tinggi bagi kehidupan, sehingga memiliki daya jual.

Salah satu sumber daya alam yang memiliki kegunaan tinggi yakni lebah. Di Indonesia, banyak jenis lebah lokal yang memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan.

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Formula Minuman Penurun Gula Darah

Salah satunya lebah madu jenis Apis Mellifera. Lebah madu ini menghasilkan beberapa produk yang memiliki kegunaan baik untuk lebah itu sendiri maupun untuk manusia.

Produk lebah yang bisa dihasilkan antara lain madu, royal jelly, tepung sari atau polen, lem lebah atau propolis, malam lebah atau beeswax, dan racun lebah atau beevenom.

Kandungan aktif pada madu terdiri dari polyphenolic compound lebih dari 150 substansi termasuk phenolic acid, flavonoids, flavonols, catechins, dan derivate cinnamic acid.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk flavonoid merupakan senyawa kimia yang bersifat antibakteri, antifungal, antiviral, antioksidan dan anti inflamasi.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

Flavonoid ternyata bisa melindungi tulang melalui mekanisme aktivasi antioksidan, agen anti inflamasi yang berkorelasi pada cedera tulang.

Salah satu peneliti Universitas Airlangga, Dian Agustin Wahjuningrum melakukan sebuah penelitian terhadap madu lebah Apis Melifera. Hasilnya, madu dari lebah jenis itu berpotensi menjadi obat anti-osteoporosis.

"Madu mengandung a-Cyclodextrin yang memiliki efek prebiotik menurunkan aktivitas penyerapan jaringan tulang," jelas Dian dilansir dari laman web unair.ac.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X