Kompas.com - 17/02/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi COSMOPOLITAN.CO.UKIlustrasi

KOMPAS.com - Setiap tahun, ada ratusan mahasiswa yang menyelesaikan kuliah dan menjadi lulusan baru. Langsung bisa terserap di dunia kerja, menjadi salah satu impian sebagai fresh graduate.

Agar pencarian kerja menjadi lebih mulus, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan perlu menjadi fokus bagi para fresh graduate.

Hal ini disampaikan CEO PT. Kilang Pertamina International Ir. Ignatius Talluembang kepada ribuan calon wisudawan program sarjana dan diploma Universitas Gadjah Mada (UGM) periode Februari 2021 yang dilakukan secara daring.

Baca juga: Lowongan Kerja Wings Group untuk Lulusan SMA/SMK, D3 dan S1-S2

Menurut alumnus Fakultas Teknik UGM ini, ada 4 hal yang harus dimiliki fresh graduate saat untuk bisa sukses memulai karier.

1. Passion

Ignatius mengatakan, hal pertama yang harus dimiliki seorang fresh graduate yaitu passion atau minat. Menurutnya, minat akan meningkatkan performance, achievement, atau hasil-hasil yang akan dicapai di dunia kerja.

2.Terus berlatih

Poin kedua yang disampaikan Ignatius yakni harus terus berlatih. Baik terkait cara kerja, menghadapi maupun menyelesaikan persoalan di dunia kerja.

Selain itu fresh graduate juga perlu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guna memperkuat kemampuan dalam bekerja dan meningkatkan pencapaian.

Baca juga: BCA Buka 9 Lowongan Kerja, Terbuka untuk Fresh Graduate

3. Punya visi

Dalam kesempatan itu Ignatius juga menyampaikan agar para fresh graduate memiliki harapan dan visi saat bekerja. Ignatius menerangkan, melalui harapan inilah akan memunculkan energi atau semangat untuk dapat bekerja lebih baik lagi.

4. Punya tujuan

Ignatius mengungkapkan, dalam menapaki dunia kerja, fresh graduate harus punya tujuan.

"Keempat hal ini harus bisa direnungkan agar nantinya bisa menjadi yang terbaik dan mendapatkan karier puncak saat memasuki dunia pekerjaan,” papar Ignatius.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X