Pakar UGM: Gizi Jadi Faktor Penting Sistem Imun, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 24/02/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi makanan bergizi seimbang ShutterstockIlustrasi makanan bergizi seimbang
|

KOMPAS.com - Salah satu cara paling efektif menekan jumlah kasus Covid-19 ialah mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga masyarakat menjalankan kebijakan PSBB atau PPKM.

Tak hanya itu saja, program vaksinasi, undertesting di beberapa daerah, serta perubahan perilaku masyarakat dalam meningkatkan sistem imun juga menjadi faktor lain dalam menurunkan angka kasus Covid-19.

Tentunya, masyarakat sudah mulai peduli dengan kesehatan diri salah satunya melalui pola hidup sehat seperti diet seimbang dan aktivitas fisik yang cukup.

Pakar nutrisi dan gizi Universitas Gadjah Mada ( UGM), Dr. Toto Sudargo, SKM., M.Kes., menjelaskan, meski terjadi penurunan tetapi hingga kini belum bisa dijelaskan penyebab angka penularan kasus Covid-19 tersebut mengalami penurunan.

Baca juga: 4 Prinsip Gizi Seimbang bagi Anak Usia Dini

Kendati demikian, masyarakat diharapkan tidak boleh lengah dengan berita baik ini dan tetap harus menerapkan protokol kesehatan serta menjaga sistem imun salah satunya dengan melalui pemenuhan gizi yang baik.

"Hal ini dikarenakan virus Covid-19 terus bermutasi seiring penyebarannya dan meskipun vaksin telah ditemukan, keefektivitasannya terhadap varian yang baru masih belum diketahui," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (24/2/2021).

Status gizi jadi faktor penting

Dikatakan, sistem imun manusia berperan dalam melindungi diri dari infeksi agen baik virus, bakteri, jamur, maupun parasit.

Karena itu, status gizi merupakan faktor penting pada sistem imun. Jika gizi seseorang berkurang maka akan mengalami penurunan fungsi imun karena kurang asupan energi dan zat gizi makro dan atau defisiensi zat gizi mikro.

Namun, pada masa infeksi akan terjadi peningkatan kebutuhan energi. Itu berarti seseorang harus meningkatkan asupan untuk aktivasi sistem imun yang optimal.

Adapun prinsip pemenuhan gizi yang baik adalah nutrisi makanan yang dikonsumsi harus dapat menenuhi kebutuhan orang tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X