Kompas.com - 26/02/2021, 08:39 WIB
Pasien Covid-19 dirawat di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor menjadi rumah sakit (RS) khusus untuk pasien virus corona (Covid-19) sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemkes). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasien Covid-19 dirawat di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor menjadi rumah sakit (RS) khusus untuk pasien virus corona (Covid-19) sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemkes).
|

KOMPAS.com - Salah satu gejala pasien Covid-19 ialah mengalami anosmia. Apa itu anosmia? Apakah sifatnya permanen?

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Mahatma Sotya Bawono, M.Sc, Sp.THT-KL., memberikan penjelasan.

Anosmia adalah hilangnya kemampuan penciuman yang menjadi salah satu gejala yang dialami pada pasien Covid-19.

Dijelaskan, pada pasien Covid-19, kemampuan penciuman dapat kembali normal atau sembuh dari anosmia cukup beragam.

Baca juga: Pakar UGM: Gizi Jadi Faktor Penting Sistem Imun, Ini Penjelasannya

Anosmia bisa sembuh selama beberapa minggu atau hitungan bulan. Meski begitu, dalam beberapa kasus anosmia bersifat permanen.

"Ada yang bisa pulih dari anosmia, tetapi ada yang menetap atau tidak pulih. Namun, sejauh ini lebih banyak yang pulih," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (25/2/2021).

Berdasar pasien yang ditanganinya, ada pasien yang lama pulih dari anosmia. Hingga dua bulan pasca terjangkit virus corona tak kunjung menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada kemampuan penghidu atau penciumannya.

"Salah satu pasien saya ada yang sampai 2 bulan pasca Covid-19 tidak juga pulih," kata Boni, sapaan dr. Mahatma Sotya Bawono.

Bisa pulih dengan latihan

Kendati demikian, untuk saat ini belum ada panduan standar untuk membantu mengembalikan fungsi penciuman pasien Covid-19.

Tetapi, terapi atau latihan dengan memberikan stimulasi pada indera penciuman dapat dilakukan guna mendorong kesembuhan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X