Kompas.com - 28/02/2021, 17:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa Public Relation. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi mahasiswa Public Relation.

KOMPAS.com - Ada tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang harus diketahui. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan terakhir jalur seleksi mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, jadwal pelaksanaannya mengikuti arahan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sementara, jalur seleksi mandiri biasanya jadwal diatur masing-masing perguruan tinggi. Di jalur ini, kadangkala ada golden ticket atau seleksi tersendiri sesuai prestasi baik akademik maupun non akademik.

Misalnya, jalur golden ticket bagi penghafal Al Quran di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), lalu jalur seleksi pramuka di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan seleksi lain yang dibuka oleh masing-masing kampus.

Namun, jika kamu tidak lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN tidak ada salahnya mencoba jalur seleksi mandiri. Tetapi bagaimana tips lolos ujian mandiri masuk PTN? Dilansir dari laman pintek.id, secara umum grade yang ditawarkan melalui jalur ini tentu lebih rendah dari SBMPTN walaupun mungkin dari segi kualitas soal tak jauh berbeda.

Baca juga: Berprestasi di Pramuka, Calon Mahasiswa Bisa Masuk IPB lewat Jalur PIN

Artinya peluang kamu untuk lolos di ujian ini akan jauh lebih besar. Ada 7 tips yang bisa kamu perhatikan terkait seleksi ini:

1. Pelajari materi ujian SBMPTN

Saat ini memang banyak kampus yang menggunakan standar nilai SBMPTN untuk mengukur kemampuan siswa saat seleksi mahasiswa melalui jalur mandiri. Tetapi masih banyak juga kampus yang tetap membuat ujian masuk tes tertulis di kampusnya.

Biasanya kualitas ujian yang diberikan hampir mirip dengan soal ujian SBMPTN yang baru saja kamu jalani.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X