Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, PPM Manajemen: "Dancing with The Pandemic"

Kompas.com - 01/03/2021, 07:52 WIB
Tim direksi PPM Manajemen dalam konferensi pers daring yang digelar pada 23 Februari 2021. DOK. PPM MANAJEMENTim direksi PPM Manajemen dalam konferensi pers daring yang digelar pada 23 Februari 2021.

 

KOMPAS.com - Wabah pandemi global telah memberi dampak dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan tinggi. Jelang satu tahun sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Covid-19 (2/3/2020), pagebluk Covid-19 belum menunjukan tanda akan berakhir.

"PPM Manajemen berupaya mencetak leader perusahaan atau organisasi untuk bisa dancing with the pandemic, tidak terpuruk dan tetap dinamis dengan kondisi yang disebabkan oleh pandemi," jelas Triono Saputro, Act. Executive Director PPM Manajemen.

Kata kunci frasa "dancing with the pandemic" yang sampaikan Triono dalam konferensi pers daring (23/2/2021) ini merujuk pada kemampuan adaptasi untuk mampu tetap dinamis di tengah kondisi krisis yang tidak ideal, termasuk di masa pandemi.

Ia menambahkan, "yang perlu dilakukan adalah bisa mengikuti tren, merespon perubahan dengan baik, memiliki kapabilitas dinamis, kapabilitas selalu agile (cepat dan mudah beradaptasi) dan fleksibel."

"Untuk bertahan di kondisi seperti ini kita harus mau dan berani berubah. Kita harus kreatif dan inovatif. Tidak ada jalan lain," tegas Triono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ditjen Dikti: Kampus Merdeka, Mahasiwa Upgrade Skill di Luar Perkuliahan

Intergrasi teknologi pembelajaran

Triono juga menjelaskan, adaptasi pembelajaran daring sebagai dampak Covid-19 harus dilihat bukan perpindahan belajar tatap muka ke daring saja.

"Jadi bukan hanya memindahkan memindahkan PPT (Power Point) ke (aplikasi) Zoom saja, tapi juga mendesain ulang bagaimana perilaku orang belajar melalui daring. Meningkatkan meningkatkan kompetensi dan tim work secara daring perlu desain khusus," tegasnya.

Inilah yang kemudian mendorong PPM Manajemen melahirkan Solusi Teknologi Pembelajaran (STP) dan Digital Platform Pembelajaran, biasa disebut Learning Management System (LMS).

STP sendiri memiliki dua jenis service and solution, pertama Content Development Services, jasa di mana mengubah konten pembelajaran konvensional menjadi konten berbasis digital atau e-Learning.

Kontennya meliputi podcast, video, animasi interaktif, page turner, hingga game based learning melalui pendekatan micro learning.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X