Kompas.com - 02/03/2021, 19:43 WIB
Ilustrasi poin-poin presentasi freepik.com/pch.vectorIlustrasi poin-poin presentasi

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, seluruh presentasi dilakukan secara daring. Baik presentasi seminar proporal para mahasiswa hingga presentasi terkait pekerjaan.

Namun dalam presentasi virtual, tidak cukup slide presentasi yang menarik. Bahasa tubuh dan cara berkomunikasi dengan audiens selama presentasi virtual tetap dibutuhkan.

Meskipun tak bertatapan muka secara langsung dan hanya lewat kamera, melakukan presentasi yang menarik mampu membuat nilai plus bagi diri sendiri.

Baca juga: Pakar Linguistik UGM: Kemampuan Siswa Menurun Selama Belajar Daring

Melansir dari laman resmi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) VI, ada 5 tips agar presentasi virtual tetap menarik seperti presentasi non virtual. Apa saja? berikut rangkumannya:

Penampilan

Penampilan dan pakaian yang dikenakan akan menjadi impresi atau perhatian pertama audiens terhadap diri sendiri.

Untuk pakaian, kenakanlah pakaian yang serupa dengan audiens. Jika sedang memberikan presentasi dalam acara kantor, maka kenakanlah pakaian yang umumnya digunakan pada kantor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika tidak, gunakanlah pakaian yang bebas namun rapi. Untuk lebih memberikan pengaruh pada audiens, dapat mengenakan jenis pakaian yang satu tingkat lebih tinggi formalitasnya dari audiens.

Misalnya, jika mayoritas audiens mengenakan pakaian santai (T-shirt), maka bisa mengenakan kemeja. Perhatikan juga penampilan rambut, kerudung, apakah rapi atau tidak. Semakin rapi, semakin membuktikan keseriusan dalam presentasi.

Postur

Ada rahasia untuk mempertahankan postur yang baik dan menjaga punggung tetap tegak selama presentasi virtual. Yakni, membayangkan semua mata tertuju pada diri sendiri.

Jangan membungkuk di depan komputer, kepala menghadap ke bawah, mata tidak fokus pada kamera. Meski hanya virtual, sikap di depan kamera adalah cara untuk menghargai audiens.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.