Kompas.com - 08/03/2021, 12:18 WIB
Ilustrasi Korea Selatan - Deretan rumah tradisional Korea bernama hanok di Bukchon Hanok Village, Korea Selatan. SHUTTERSTOCK / CJ NattanaiIlustrasi Korea Selatan - Deretan rumah tradisional Korea bernama hanok di Bukchon Hanok Village, Korea Selatan.

KOMPAS.com - Annyeonghaseyo, bagi kamu yang kini berkeinginan untuk belajar bahasa Korea namun terkendala waktu atau biaya untuk ikut kursus, ternyata masih ada banyak jalan untuk belajar bahasa Korea di mana dan kapan saja.

Demam K-pop dan K-drama memang punya andil besar mendorong keinginan belajar Bahasa Korea. Terlebih lagi, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke Korea juga terbuka lebar bila kamu paham bahasa negara yang satu ini.

Melansir laman Instagram Zenius Education, meski kini sudah banyak sekali tempat kursus Bahasa Korea, tetapi untuk kamu yang mungkin punya keterbatasan waktu dan biaya, beberapa platform digital rekomendasi Daysa, Campaign Operation Zenius, bisa jadi solusi.

Baca juga: Syarat Daftar S1 Universitas Pertahanan, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

"Semuanya bisa kamu akses kapan saja, dan gratis!" tulis akun Zenius.

Berikut 5 rekomendasi platform digital untuk belajar bahasa Korea gratis:

1. Youtube

"Talk to Me in Korean" atau "Learn Korean 24/7 with KoreanClass101" menjadi dua dari sekian banyak channel Youtube yang bisa kamu akses untuk belajar bahasa Korea gratis.

Belajar melalui Youtube cocok untuk kamu yang senang belajar secara audio dan visual. Terlebih, kedua channel tadi juga akan memberikan pengalaman secara langsung dari native speaker.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

2. Aplikasi belajar bahasa asing

"Duolingo" bisa menjadi pilihan aplikasi untuk belajar grammar dan struktur bahasa Korea.

Namun, aplikasi "HelloTalk" lebih cocok untuk kamu yang ingin langsung praktik berbicara bahasa Korea, karena akan membantu kamu ngobrol langsung dengan partner yang fasih berbahasa Korea.

Kamu bisa memilih aplikasi belajar bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X