Kompas.com - 08/03/2021, 13:26 WIB
Buku Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling karya Kusumastuti Dok. GrasindoBuku Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling karya Kusumastuti

Penulis: Mursyidah | Editor: Bhuana Ilmu Populer

KOMPAS.com - Pembelajaran Jarak Jauh yang telah berlangsung hampir satu tahun selama pandemi Covid-19 cukup memberi tantangan belajar bagi murid, orangtua maupun guru.

Di masa sebelum pandemi, orangtua dapat memasukkan anaknya yang masih balita ke Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak agar anak mereka bisa bersosialisasi juga untuk membantu mengembangkan kemampuan sensoris serta motorik anak.

Akibat pandemi, anak-anak diharuskan belajar di rumah, melakukan aktivitas belajar secara daring. Hal ini berisiko membuat anak jenuh dan stres, begitu juga orangtua

Baca juga: Buku Akhir Pekan, 365 Aktivitas PAUD hingga Solusi Anak Makan Sehat

Menerapkan "homeschooling" untuk anak

Memastikan anak tetap mendapatkan kesempatan belajar di tengah kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk sekolah tatap muka, orangtua bisa mengadopsi sistem belajar homeschooling.

Selain membantu menjaga kewarasan orangtua dan anak, cara ini juga dapat membantu anak belajar banyak hal yang mungkin sulit didapatkan jika hanya mengikuti sekolah secara daring, karena memiliki sistem belajar-mengajar yang menyenangkan.

Salah satu buku rekomendasi yang dapat digunakan orangtua ialah Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling karya Kusumastuti.

Penulis merupakan seorang ibu yang memiliki ketertarikan di dunia parenting dan sudah menerapkan sendiri sistem homeschooling ini dengan memberikan materi-materi tambahan sejak anak-anaknya masih kecil.

Baca juga: 5 Komik Edukatif untuk Anak: Sains dan Matematika jadi Menyenangkan

Dalam bukunya ini, penulis memberikan 185 aktivitas yang dapat dijadikan sumber ide bagi orangtua, baik yang memang melakukan homeschooling maupun yang anaknya melakukan PJJ/BDR akibat pandemi.

Peralatan yang digunakan pun merupakan benda-benda yang ada di rumah dan mudah didapatkan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X