Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Berjerawat? Mahasiswa UNY Manfaatkan Buah Ini Untuk Mengatasinya

Kompas.com - 13/03/2021, 16:28 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian remaja, masalah jerawat pasti mengganggu. Bahkan jika jerawat muncul di wajah, membuat orang menjadi tak percaya diri.

Jerawat atau acne vulgaris merupakan penyakit peradangan yang sering mengganggu penampilan. Penyebab acne vulgaris bisa karena banyak hal. Salah satunya karena penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah. Hal ini kerap terjadi di kalangan perempuan.

Penanganan yang tidak tepat justru dapat memperparah kondisi kulit dan menyebabkan jerawat semakin meradang.

Saat ini, produk penyembuh jerawat yang ada di pasaran mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik. Namun dua kandungan ini dapat menimbulkan kulit kering, kemerahan, gatal, mengelupas, kulit terasa terbakar kulit terasa terbakar.

Manfaatkan belimbing wuluh sebagai obat jerawat

Bahkan dikhawatirkan penggunaan benzoyl peroxide dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kanker. Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kemudian melakukan penelitian tentang produk yang bisa mengatasi jerawat aman bagi semua jenis kulit. Produk tersebut berbahan dasar belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.).

Baca juga: Kreasi Limbah Minyak Kelapa Jadi Sabun Herbal ala Mahasiswa UNY

Para mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini antara lain, Saila Rizqi, Sisca Kumaladewi dan Ayu Kurnia Utami Prodi Pendidikan Akuntansi, Dwi Anggi Marini Prodi Kimia serta Aulia Erta Nafisah Prodi Biologi.

Saila Rizqi menerangkan, mereka memilih belimbing wuluh sebagai bahan dasar penyembuh jerawat karena mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat, antara lain:

1. Senyawa flavonoid

2. Tannin

3. Saponin

4. Triterpenoid

"Senyawa ini memiliki kemampuan membentuk kompleks dengan protein bakteri melalui ikatan hidrogen yang menyebabkan struktur dinding sel dan membran sitoplasma bakteri menjadi tidak stabil. Sehingga sel bakteri menjadi kehilangan aktivitas biologinya," terang Saila dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Daya Tampung 60 Prodi S1 UNY Jalur SBMPTN 2021

Optimalkan manfaat belimbing wuluh

Menurut Saila, hal ini membuat fungsi permeabilitas sel bakteri akan terganggu dan sel bakteri akan mengalami lisis yang berakibat pada kematian sel bakteri. Inilah yang menjadikan ekstrak belimbing wuluh sebagai salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam penyembuhan acne vulgaris.

Sisca Kumaladewi menambahkan, tanaman belimbing wuluh yang tumbuh dengan baik dapat menghasilkan 100-300 buah per pohon.

"Buah yang sudah masak harus segera dipanen karena buah ini mudah sekali gugur dari pohonnya dan mudah membusuk," kata Sisca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com