Kompas.com - 19/03/2021, 16:56 WIB
Ilustrasi beasiswa Bhinneka Tunggal Ika dari Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta. DOK. JISIlustrasi beasiswa Bhinneka Tunggal Ika dari Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta.

KOMPAS.com - Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) kembali dibuka oleh Kementerian Agama (Kemenag). Beasiswa yang rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama ini diberikan bagi santri yang mempunyai kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan tinggi.

Baca juga: Beasiswa Santri Berprestasi di 21 Perguruan Tinggi, Cek Daftarnya

Melansir dari laman resmi kemenag.go.id, ada tiga jenis beasiswa yang diberikan yakni:

  • Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) dengan durasi maksimal 48 bulan.
  • Beasiswa penuh untuk Pendidikan Profesi dengan durasi maksimal 24 bulan.
  • Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) dengan durasi maksimal 24 bulan.

Sasaran program beasiswa santri berprestasi

  • Mahasantri PBSB yang sedang berkuliah pada Perguruan Tinggi Mitra (on going);
  • Mahasantri PBSB yang sedang studi pendidikan profesi pada Perguruan Tinggi Mitra; dan
  • Santri yang dinyatakan lulus dalam seleksi calon peserta PBSB Tahun 2021.

Cakupan beasiswa

1. Biaya pendidikan meliputi biaya pendaftaran, biaya matrikulasi, biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan durasi pemberian maksimal 48 bulan (bagi pendaftar Program S1) dan maksimal 24 bulan (bagi pendaftar Program S2), serta biaya pendidikan profesi yang diberikan maksimal 24 bulan.

2. Biaya tunjangan meliputi biaya hidup serta biaya tugas akhir.

3. Biaya dukungan.

Persyaratan Umum

1. Santri Warga Negara Indonesia.

2. Pelamar merupakan santri dari pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang terdaftar pada Kementerian Agama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X