Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Keluarga Super Irit: Belajar Hemat dan Life Hack dari Buku Ini

Kompas.com - 20/03/2021, 20:51 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Oleh: Dian Rakhmawati S | Editor: Penerbit Bhuana Ilmu Populer

KOMPAS.com - Ada suatu peribahasa, besar pasak daripada tiang. Peribahasa ini mempunyai makna lebih besar pengeluaran daripada penghasilan. 

Agar tidak terjadi kondisi seperti peribahasa tersebut, kita harus pintar mengelola uang. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sebagian orang merasakan pemasukan yang terus berkurang.

Sementara pengeluaran uang terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga dalam mengelola keuangan, harus lebih teliti lagi pos-pos pengeluaran yang biasa dilakukan. Kemudian memilih pos mana yang dikurangi atau bahkan ditutup.

Buku yang mengajarkan berhemat

Seri Keluarga Super Irit merupakan buku, dengan genre komik, yang menekankan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini makin menarik karena tips dan trik Keluarga Super Irit banyak yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita. 

Salah satu contoh pelajaran untuk berhemat yang disampaikan dalam buku ini adalah menghemat biaya listrik. Ada tips yang dibagikan tokoh dalam buku ini yakni Keluarga Bindae. 

Baca juga: Orangtua, Ini 7 Manfaat Mendongeng dan Bernyanyi bersama Anak

Mereka membiasakan diri agar jangan sering membuka dan menutup kulkas. Karena ketika kulkas dibuka terjadi perubahan suhu. Saat ditutup kembali, kulkas menyesuaikan kembali suhu. Inilah yang membuat tambahan konsumsi listrik.

Kemudian, selalu mencabut kabel charger jika baterai handphone sudah penuh. Selain itu penghematan listrik bisa dilakukan dengan cara selalu mencabut steker, matikan stop kontak TV atau speaker jika tidak digunakan.

Kabel yang masih mencolok ke terminal listrik masih akan terus dialiri listrik. Ini juga yang tanpa sadar menjadi "pemborosan" biaya listrik.

Ada life hack juga

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Keluarga Super Irit juga terkenal dengan memakai bahan-bahan yang mereka punya ketika membersihkan sesuatu. Sebisa mungkin mereka tidak membeli atau mengeluarkan uang sepeser pun.

Baca juga: Novel Serangkai, Beri Ruang Untuk Rasa Kehilangan

Misalnya, cairan pembersih mulut yang sudah kedaluwarsa bisa digunakan sebagai pembersih layar TV atau ponsel, menghilangkan bau tidak sedap pada tempat sampah, menghilangkan bakteri di kaki, disinfeksi sikat gigi, juga membersihkan toilet.

Life hack lainnya yang diajarkan dalam buku ini yakni memanfaatkan keberadaan aluminium foil. Ternyata, aluminium foil bisa digunakan untuk mencairkan es atau mendinginkan dengan lebih cepat, atau membungkus bonggol pisang agar pisang tidak cepat membusuk dan lebih tahan lama.

Selain itu juga bisa membuat sabun batang lebih awet, karena membuat sabun mencair lebih lama.

Ada tips mendapatkan uang

Dalam buku ini Keluarga Super Irit juga membagikan tips dan trik mencari pemasukan. Seperti dalam buku Keluarga Super Irit 35: Deollong si YouTuber Hemat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com