Kompas.com - 26/03/2021, 08:40 WIB
Cara Mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Mendaftar UTBK-SBMPTN 2021
|

KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan hasilnya.

Bagi yang belum beruntung lulus seleksi SNMPTN 2021, masih ada kesempatan di jalur berikutnya yakni ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Tentu, kamu harus ikut UTBK sebagai syarat mendaftar SBMPTN. Tapi, sudahkah kamu paham UTBK adalah apa?

Melansir laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ini penjelasan mengenai UTBK dari pengertian, tujuan hingga biayanya.

Baca juga: Daya Tampung SBMPTN 2021 UIN Jakarta, 2 Prodi Ini Sepi Peminat di 2020

Latar belakang

Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

UTBK adalah tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena:

  • hasil tes kredibel
  • terstandar
  • nilai diberikan secara individu kepada peserta

UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun.

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

Tujuan UTBK

1. Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X